Tips Berbisnis dari Menteri BUMN Dahlan Iskan

- detikFinance
Minggu, 10 Feb 2013 15:54 WIB
Jakarta - Anda ingin berwirausaha tapi takut gagal? Bingung mulai dari mana? Berikut tips menjadi wirausaha versi Menteri BUMN Dahlan Iskan.

Mempertahankan idealisme saat ini memang susah apalagi dalam hal berbisnis. Untuk mengantisipasi itu, sebaiknya jauhi berwirausaha dengan pemerintah.

Demikian disampaikan Dahlan di acara 'Pesta Wirausaha' yang diadakan Komunitas Tangan Di Atas (TDA), di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Minggu (10/2/13).

Dahlan menambahkan umumnya pengusaha kompromis antara idealis dan kenyataan. "Kalau di pemerintah tidak bisa idealis, jadi saya sarankan jangan berwirausaha dengan pemerintah sehingga kita bisa sekreatif mungkin," ujarnya.

Selain itu, lanjut Dahlan, ikuti kata hati, jangan menuruti nasihat. "Apa yang anda pikirkan, lakukan. Turuti hati nurani, jangan nuruti orang. Apa yang ada, jalankan," kata dia.

Di samping itu, Dahlan mengatakan, jangan menganggap jika berbisnis hari ini bisa langsung meraup hari ini juga. Tak hanya itu, untuk menjadi seorang pengusaha sukses jangan takut untuk gagal.

"Mau jadi pengusaha jangan takut gagal. Kalau ditipu harus cepat bangkit, jangan menyerah. Ada penyakit yang luar biasa besarnya dari sisi anak muda yaitu ingin cepat kaya mendadak. Ingin jadi pengusaha baru yang sukses langsung dan ingin jadi konglomerat baru. Itu tidak bisa harus melalui proses," paparnya.

(dru/dru)