Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 09 Mei 2014 12:09 WIB

Dorong Ekonomi Daerahnya, Bupati Banyuwangi Sebar 1.200 Titik WiFi Gratis

- detikFinance
Foto: Masyarakat Banyuwangi Menikmati WiFi Gratis Foto: Masyarakat Banyuwangi Menikmati WiFi Gratis
Jakarta - Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur terus mendorong masyarakatnya untuk memanfaatkan teknologi digital dalam kegiatan sehari-harinya. Salah satunya dengan memanfaatkan berbagai fasilitas wifi. anak muda di Banyuwangi aktif 'berselancar' di dunia maya.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, instrumen teknologi dan informasi (TI) menjadi pendorong bagi peningkatan kesejahteraan sosial-ekonomi masyarakat.

"Dengan TI, kita bisa efisien. Bisnis jadi mudah. Cari ilmu gampang. Promosi wisata efektif. Akhirnya kesejahteraan meningkat. Sekarang pendapatan per kapita Banyuwangi sudah Rp 21,84 juta, kita melampaui daerah-daerah lain di Jatim yang sebelumnya unggul seperti Jember dan Malang," kata Anas kepada detikFinance, Jumat (9/5/2014).

Di Banyuwangi kini sudah ada 1.200 titik WiFi. Jumlah pengakses WiFi di Banyuwangi mencapai 164.372 per bulan pada kuartal I-2014, meningkat dibanding rata-rata tahun lalu sebesar 97.957 pengguna per bulan.

Ia menambahkan, manfaat lain dari mudahnya akses internet di daerahnya, di bidang birokrasi, berkat TI, terjadi akselerasi kinerja. Proses surat-menyurat menjadi lebih cepat, hanya 1-2 jam. "Penyelesaian masalah-masalah di masyarakat kami tuntaskan secara borderless, tanpa harus rapat-rapat secara fisik. Efektif dan efisien," kata Anas

Di bidang ekonomi, penerapan SMS Gateway dan instrumen TI lainnya memberi stimulus bagi dunia usaha. Investasi pun meningkat. Perizinan usaha naik dari 363 pada 2012 menjadi 5.490 pada 2013 alias naik 1.412 persen.

"Itu yang membuat realisasi investasi kami naik lebih dari 170 persen dari Rp 1,19 triliun pada 2012 menjadi Rp 3,24 triliun pada 2013," jelasnya.



(rrd/dnl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed