Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 27 Okt 2014 17:48 WIB

Bagaimana Nasib Ekonomi Kreatif di Tangan Jokowi?

- detikFinance
Jakarta - Semenjak Presiden Jokowi mengumumkan nama-nama menterinya kemarin, ada beberapa perubahan yang terjadi di beberapa kementerian. Di antaranya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemanparekraf), yang dikembalikan lagi menjadi Kementerian Pariwisata.

Menko Perekonomian Sofyan Djalil mengatakan sektor ekonomi kreatif akan tetap menjadi perhatian Presiden Jokowi. Jokowi berencana membentuk badan yang khusus mengurus sektor ekonomi kreatif, alias tak lagi di Kemenparekraf.

"Ekonomi kreatif akan dibikin Badan sendiri, supaya jauh lebih efektif. Daripada Selama ini parekraf. Jadi Badan itu, dengan pernyataan Presiden bahwa di berbagai negara itu kayak di Korea dibentuk badan sendiri," kata Sofyan di Kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (27/10/2014).

Sebelumnya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparenkraf) dipimpin oleh Mari Elka Pangestu. Setelah menjabat sebagai menteri perdagangan, Mari Elka sejak 19 Oktober 2011 dipercaya sebagai Menparekraf oleh Presiden SBY, setelah ada reshuffle pada waktu.

Ketertarikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam mengembangkan industri kreatif di Indonesia ternyata terinspirasi negara-negara maju. SBY mengaku belajar tentang industri ini dari Korea, AS dan Jepang.

Cerita kepincutnya SBY pada industri kreatif ternyata berawal ketika pertemuan APEC di Busan Korea pada 2005, dimana 21 negara berkumpul. Dalam kesempatan itu tuan rumah Korea menyuguhkan pameran industri kreatif yang membuat decak kagum para tamu negara.

(hen/hds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com