Kampung Pulo Sering Banjir, Ini Kata Pejabat PU-Pera

- detikFinance
Sabtu, 15 Nov 2014 16:14 WIB
Proyek Pintu Air Manggarai (Foto: Dana/detikFinance)
Jakarta - Menghadapi banjir telah menjadi rutinitas warga Kampung Pulo, Jakarta Timur. Direktur Jenderal Sumberdaya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU Pera) Mudjiadi menerangkan, letak geografis menjadi alasan utama penyebab banjir di Kampung Pulo.

"Kampung Pulo itu kalau dilihat dari geografisnya, letaknya itu di palung sungai. Jadi walaupun tidak hujan, asal muka air naik, pasti Kampung Pulo Banjir," ujar Mujiadi kepada detikFinance saat ditemui di lokasi, Sabtu (15/11/2014).

Lalu apa solusinya?

Solusinya, kata Mudjiadi adalah memindahkan warga di lokasi tersebut alias merelokasinya. Ia mengharapkan, pemeruintah telah menyiapkan Rumah Susun yang nantinya akan menjadi relokasi warga yang saat ini masih tinggal di Kampung Pulo.

"Nanti rusun di Jatinegara selesai, baru mereka dipindah. Solusinya memang relokasi," tegas dia.

Masyarakat Kampung Pulo pun diharapkan mengerti bila nanti mereka dipindahkan dari lokasi tersebut. "Karena yang kita pikirkan itu kan keselamatan. Kalau nanti banjir kemudian airnya besar bagaimana. Nanti rumanya roboh tersapu banjir bagaimana. Jadi memang harus pikirkan sefty," pungkasnya.

(dna/ang)