Blusukan ke Jembatan Comal, Basuki: Pantura Seperti Rumah Tipe 36 Anak Tiga

- detikFinance
Rabu, 01 Apr 2015 18:45 WIB
Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono blusukan ke Pemalang, Jawa Tengah, untuk mengecek jembatan Comal yang tahun lalu rusak dan sempat menghambat arus mudik. Ia menyebut jalur Pantai Utara (Pantura) sudah kelebihan beban sehingga harus diperbaiki terus menerus.

"Pantura ini kan seperti rumah. Dulu waktu tipe 36, masih muat. Sekarang anak sudah tiga, rumah jadi kelihatan sempit," kata Basuki di sela kunjungan, Rabu (1/4/2015).

Basuki mencontohkan, saat ada mobil berhenti atau mogok di pantura, antrean kendaraan di belakangnya bisa panjang. Peristiwa seperti itu sudah berulang kali terjadi.

"Karena itu, dua bulan ini, Pantura akan diperbaiki," kata Basuki yang mengenakan topi dan baju putih ini.

Selain Pantura, Kementerian PUPR juga akan menyelesaikan Tol Pejagan-Cikapali. Jalur itu penting karena bisa memecah kendaraan ke Pantura. Harapannya Pantura tidak cepat rusak karena kelebihan beban.

Mengenai jembatan Comal, Basuki menjelaskan saat ini kondisinya aman. Meski demikian, penataan sekitar jembatan akan terus dilakukan. Butuh waktu 8 bulan agar sungai tidak membahayakan jembatan.

"Biar arus tidak deras, nanti diberi bronjong," kata Basuki.

Bronjong adalah susunan anyaman kawat baja atau galvanis dengan konfigurasi tertentu yang berguna sebagai pengikat atau perkuatan dari tumpukan batu.

Basuki mengecek jembatan didamping sejumlah pejabat Dinas PU. Puluhan warga sekitar berdatangan karena penasaran dengan kunjungan tersebut.

(ang/ang)