Tak Dapat Pasokan, RPH Ini Sudah 3 Hari Setop Potong Sapi

Feby Dwi Sutianto - detikFinance
Senin, 10 Agu 2015 10:31 WIB
Tangerang -

Rumah Potong Hewan (RPH) terpaksa berhenti beroperasi, karena tak ada sapi yang dipotong dalam 4 hari terakhir. Penyebabnya karena perusahaan penggemukan sapi (feedloter) telah menghentikan pasokan sapi ke RPH.

Seperti yang dialami RPH milik Dinas Pertanian Kota Tangerang, di Jalan Bayur, Kelurahan Koang Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tengerang, sudah 3 hari terakhir 50 pekerja di RPH tersebut tidak beraktivitas karena tak ada sapi yang dipotong.

"Di sini sejak malam Sabtu lalu atau sudah 3 hari kita nggak motong sapi," kata salah satu petugas RPH, ketika ditemui detikFinance, Senin (10/8/2015).

Petugas RPH ini mengatakan, ini terjadi karena para feedloter yang memasok daging ke RPH-nya menghentikan pasokan. Penghentian pasokan sapi tersebut diduga akibat aksi protes para feedloter karena kuota sapi impor tahun ini dipangkas pemerintah.

"Ini karena pasokan dari feedloter dihentikan, kita kan RPH hanya menjual jasa potong saja, sementara sapi dari mereka," katanya.

Padahal kata dia, setiap harinya sekitar 50 ekor sapi dipotong lalu dipasok ke pedagang sapi, selanjutnya dijual ke pasar.

"Karena tak dapat pasokan sapi, ya biasanya kita kerja mulai jam 8 malam sampai jam 5 subuh, selama 4 hari ini nggak kerja," ucapnya.

Seperti diketahui, pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) hanya memberikan rekomendasi impor sapi untuk kuartal III-2015 yang hanya 50.000 ekor saja. Kebijakan ini dilakukan untuk membangun kemandirian negara.

Sementara itu, para pedagang daging di pasar Jabodetabek termasuk Bandung juga melakukan aksi yang sama yaitu tak menjual daging atau mogok jualan.

(rrd/hen)