Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 18 Sep 2015 13:52 WIB

Mentan Janjikan 350.000 Ha Untuk Investor Peternakan Sapi

Michael Agustinus - detikFinance
Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman hari ini mengumpulkan 20 calon investor peternakan sapi. Pertemuan berlangsung tertutup di lantai 2 Gedung A Kementerian Pertanian selama kurang lebih 1,5 jam sejak pukul 10.30 WIB sampai 12.00 WIB.

Dalam pertemuan tersebut, Amran meminta masukan dari para calon investor terkait hambatan-hambatan apa saja yang perlu diatasi, agar mereka dapat merealisasikan pembangunan peternakan di Indonesia.

"Kami ingin melihat, menelaah regulasi yang ada supaya pengusaha perternakan, peternak breeding khususnya untuk cepat bergerak (merealisasikan investasi)," kata Amran ditemui usai pertemuan di kantornya, Jakarta, Jumat (18/9/2015).

Dia mengungkapkan, para calon investor meminta disediakan lahan oleh pemerintah. Pihaknya pun berjanji segera mengajukan permintaan lahan untuk peternakan sapi pada Presiden Joko Widodo. "Salah satu usulan (calon investor), pemerintah siapkan lahan. Insya Allah kami akan mengajukkan lahan ke Bapak Presiden," tukasnya.

Amran menyebut, sebenarnya sudah ada lahan seluas 350.000 hektar (Ha) tersebar di Kalimantan, Sulawesi Tenggara, dan Merauke yang telah disiapkan untuk para calon investor peternakan.

"Untuk lahan, persiapan ada di Kalimantan, kemudian di Sulawesi tenggara, Merauke ada. Kurang lebih tersedia 350.000 hektar," ungkapnya.

Diakuinya, kebanyakan lahan tersebut berstatus tanah ulayat, sehingga butuh pendekatan khusus untuk pembebasannya. Pemerintah siap membantu penyediaan lahan untuk menarik investor di sektor peternakan sapi. "Nanti kita cari yang terbaik diantara lahan yang sudah disiapkan," tutupnya.

(rrd/rrd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com