Follow detikFinance
Rabu, 23 Sep 2015 14:13 WIB

Tol Pertama di Kalimantan Rp 14,9 T Ditarget Tuntas Mei 2019

Arinaldo Habib Pratama - detikFinance
Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menargetkan proyek tol pertama Kalimantan yaitu Balikpapan-Samarinda 99,2 km tuntas Mei 2019. Proyek tol ini dikerjakan oleh pemerintah pusat, pemerintah provinsi Kalimantan Timur, dan investor swasta.

"Paling cepat Mei 2019," kata Basuki usai penandatanganan kontak konstruksi seksi V Tol Balikpapan-Samarinda di kantor PU, Rabu (23/9/2015).

Total proyek ini mencapai Rp 14,9 triliun, yang sebagian besar akan didanai oleh swasta. Khusus untuk ruas V dari Balikpapan-Sepinggan yang menjadi tanggung jawab pemerintah sepanjang 11 km nilai konstruksi proyeknya Rp 848,55 miliar yang 90% didanai oleh China.

Menurut Basuki keberadaan tol ini sangat penting untuk menghubungkan dua kota terbesar di Kalimantan Timur ini. Saat ini pembebasan lahan sudah mencapai 85%.

"Ini untuk menggerakkan beberapa kawasan industri seperti kawasan industri Balikpapan, Bontang, itu nanti ada jembatan Pulau Balang, ada hubungannya dengan tol ini," katanya.

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda terbagi dalam 5 seksi pekerjaan yakni Seksi I dengan ruas km 13 Balikpapan-Samboja, Seksi II dengan ruas Samboja-Palaran I, Seksi III dengan ruas Samboja-Palaran II, Seksi IV dengan ruas Palaran-Jembatan Mahkota dan Seksi V dengan ruas Balikpapan-Sepinggan.

Dari sisi tanggung jawab pekerjaan, pembangunan jalan tol ini dibagi menjadi 3 pihak. Seksi V menjadi ‎tanggung jawab Pemerintah Pusat, Paket I kecuali Jembatan Sungai Manggar menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah, sementara seksi II, III dan IV menjadi tanggung jawab Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang saat ini masih dalam proses pra kualifikasi.

(hen/rrd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed