Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 21 Jan 2016 10:03 WIB

Ini Penampakan Lokasi Groundbreaking Kereta Cepat JKT-BDG di Walini

Baban Gandapurnama - detikFinance
foto: lokasi groundbreaking kereta cepat (Baban - detikFinance)
Bandung -

Pembangunan proyek kereta cepat rute Jakarta-Bandung akan dimulai hari ini. Seremoni berupa groundbreaking berlangsung di kawasan Walini, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Peresmian proyek pembangunan kereta cepat akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Rencananya peletakan batu pertama oleh Jokowi dimulai pukul 10.00 WIB.

Dari pantauan detikFinance, pihak-pihak terkait sudah mempersiapkan kelancaran kegiatan tersebut. Petugas keamanan dari TNI dan Polri menjaga ketat lokasi acara.

Titik tempat groundbreaking berada di lahan perkebunan teh Walini milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII. Sejumlah alat berat tampak hadir di tempat peresmian, termasuk juga ekskavator buatan PT Pindad.

Kawasan Walini menjadi salah satu stasiun yang dibangun berkaitan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang memiliki jalur sepanjang 142 kilometer (km). Rute kereta dimulai dari Halim (Jakarta) hingga Tegaluar (Kabupaten Bandung). Kereta tersebut digadang-gadang bekecepatan 350 kilometer per jam.

(bbn/feb)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com