3 Hektar Lahan di Proyek Tol Soroja Belum Dibebaskan

Tya Eka Yulianti - detikFinance
Selasa, 05 Apr 2016 13:31 WIB
Foto: Tya Eka Yulianti
Bandung - Pembebasan lahan untuk pembangunan Tol Soreang Pasirkoja (Soroja) sebesar 127 hektar hingga saat ini sudah mencapai 96 persen. Sisa sekitar 2-3 hektar lagi ditargetkan akan selesai pada April ini.

"Lahan sisa 4 persen lagi dan butuh dana sekitar Rp 50 miliar lagi. Siang ini akan diselesaikan," ujar Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan saat kunjungan ke lokasi groundbreaking Tol Soroja di Desa Kopo Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung, Selasa (4/4/2016).

Tendi Hardianto, PPK Pengadaan Lahan Pembangunan Tol Soroja menambahkan bahwa kendala pembebasan lahan karena adanya masa peralihan aturan.

"Kemarin ada masa peralihan dari pakai aturan lama dan sekarang pakai aturan baru. Yang baru ini, baru bisa administrasinya di bulan Maret sehingga baru bisa start bulan Maret pelaksanaannya dan BPN Kabupaten Bandung sudah buat schedule selesai April ini," tutur Tendi.

Ia menuturkan, lahan yang belum dibebaskan tersebut tersebar di beberapa desa. Di antaranya tanah wakaf di Desa Margaasih terdapat dua tanah yang terdapat masjid.

"Untuk tanah wakaf prosesnya panjang. Izinnya sampai Kemenag," jelasnya.

Namun Tendi optimistis masalah sisa lahan yang belum dibebaskan itu akan selesai dalam waktu satu bulan ini. (tya/hns)