Follow detikFinance
Rabu 22 Jun 2016, 12:32 WIB

Sebelum Resmikan Jalur Priok-Panjang, Dirjen Laut Lakukan Uji Petik Kapal

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Sebelum Resmikan Jalur Priok-Panjang, Dirjen Laut Lakukan Uji Petik Kapal Foto: Ardan Adhi Chandra
Bandar Lampung - Sebelum meresmikan jalur laut baru dari Pelabuhan Panjang ke Pelabuhan Tanjung Priok, Direktur Jenderal Perhubungan Laut Tonny Budiono melakukan uji petik terhadap salah satu kapal yang akan beroperasi di jalur pelayaran ini.

Uji petik dilalukan pada KM Mutiara Sentosa III meliputi uji alat keamanan, alat keselamatan kapal, alat pemadam kebakaran, dan konstruksi kapal.

Dirjen Laut Tonny Budiono toba di Pelabuhan Panjang Bandar Lampung pada pukul 11.00 WIB setelah sebelumnya mendarat di Bandara Radin Inten II pada pukul 09.30 WIB.

Dirjen Perhubungan laut dan jajaran pejabat Kementerian Perhubungan memasuki KM Mutiara dan mengecek kondisi kapal meliputi fungsi alarm kebakaran, alat pemadam kebakaran, dan fasilitas pendukung lainnya yang wajib ada di dalam kapal penumpang.



"Jadi kalau secara umum alat keselamatan, alat komunikasi, dan alat navigasi udah layak. Ada catatan kecil no goal item, seperti belum ada tulisan ruang menyusui di ruang klinik itu standar nggak boleh nggak ada ruang menyusui. Tapi secara keseluruhan sudah layak berangkat" ujar Tonny saat melakukan uji petik kapal di Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung, Rabu (22/6/2016).

Selain itu, semua ruangan yang ada di dalam KM Mutiara Sentosa III juga dtinjau untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan penumpang. Tamoak tuang tunggu penumpang di dalam kapal begitu nyaman dilengkapi dengan pendingin ruangan untuk memanjakan penumpang.



Perlu diketahui bahwa ada 3 Kapal Roro yang akan beroperasi pada jalur Pelabuhan Panjang-Pelabuhan Tanjung Priok, antara lain KM Mutiara Timur I, Mutiara Sentosa II, dan Mutiara Sentosa III. Ketiga kapal ini dioperasikan oleh PT Atosim Lampung Pelayaran (ALP).

Kapal Roro inimampu menampung hingga 900 penumpang dan 300 kendaraan yang meliputi dari kendaraan pribadi dan kendaraan besar.

"595 penumpang 100 kendaraan kecil 160 truk, kapasitasnya maksimal 900 penumpang," kata Tonny.



Dengan beroperasi Kapal Roro di jalur Panjang-Tanjung Priok diperkirakan dapat mengurangi beban darat di sepanjang Jawa ke Sumatera. Jarak tempuh menggunakan Kapal Roro dari Jakarta ke Bandar Lampung memakan waktu hingga 8 jam.

"Dengan ada kapal ini beban di darat berkurang. Jarak tempuh bisa 8 sampai 9 jam tergantung cuaca," tutup Tonny.

(ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed