Laporan dari Moskow

Ratusan Pengusaha RI Ikuti Festival Indonesia di Moskow

Elvan Dany Sutrisno - detikFinance
Jumat, 19 Agu 2016 17:15 WIB
Foto: Elvan Dany Sutrisno
Moskow - Ratusan pengusaha dari Indonesia berbondong-bondong terbang ke Moskow. Mereka bakal memeriahkan Festival Indonesia yang akan digelar oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Rusia.

Festival Indonesia ini adalah yang pertama kali digelar di Rusia. Kegiatan ini berupa promosi terpadu di bidang perdagangan, bidang investasi, bidang pariwisata, dan sosial budaya.

"Ini yang pertama kali nanti akan ada pagelaran seni juga, yang menabuh gamelan bule Rusia," kata Dubes RI untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarusia, Wahid Supriyadi, saat berbincang dengan detikFinance di Wisma KBRI Rusia di Moskow, Jumat (19/8/2016).

Penyelenggaraan Festival Indonesia 2016 ini bertemakan "Visit Wonderfull Indonesia: Bali and Beyond". Festival ini akan digelar di Hermitage Garden yang merupakan taman terbesar di Kota Moskow pada 20-21 Agustus 2016.

Festival ini digelar di taman terbuka dengan fokus panggung kesenian yang dikelilingi stand peserta dari seluruh Indonesia.

Kegiatan ini melibatkan peserta Indonesia yang terdiri dari instansi pemerintah pusat dan daerah, pihak swasta, serta peserta asing yang antara lain pengusaha Rusia di bidang perdagangan, investasi, pariwisata, pendidikan yang terkait dengan Indonesia.

"Ada lebih dari 400 peserta. Itu taman 6 hektar akan didatangi 60.000 orang pengunjung," kata Wahid Supriyadi .

Melalui kegiatan ini kedutaan ingin menginformasikan kemajuan dan perkembangan perekonomian di Indonesia khususnya sektor perdagangan, investasi, dan pariwisata kepada publik Rusia.

Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong interaksi langsung antara para pelaku ekonomi dan bisnis di Indonesia dengan counterpart-nya dari Rusia.

Selain itu juga mempromosikan kekayaan seni budaya Indonesia dan membuka peluang kerjasama bidang sosial budaya kepada Rusia.

Bentuk kegiatan yang akan menyemarakkan festival ini antara lain investment forum uang melibatkan BKPM, kementerian perdagangan, KADIN, pengusaha lokal yang telah berbisnis di Indonesia, dan lainnya.

Selain itu ada juga trade expo berupa anjungan Indonesia dilengkapi dengan gerai pameran dan penjualan produk, promosi wisata, pendidikan tinggi dan lainnya.

Juga ada anjungan khusus kuliner Indonesia. Masakan khas Indonesia secara selektif akan disajikan dalam anjungan ini.

"Ada kuliner khas Indonesia, ada dari Bali dan nasi padang yang nomor satu di dunia," katanya.

Tak ketinggalan, tentu saja ada pertunjukan kesenian dan budaya Indonesia di panggung utama sebagai salah satu sarana untuk memperkenalkan seni budaya Indonesia sekaligus menarik minat calon wisatawan Rusia untuk berkunjung ke Indonesia. (van/feb)