Follow detikFinance
Kamis 08 Sep 2016, 15:53 WIB

SPG Cantik Ramaikan Pameran BUMN di JCC

Muhammad Idris - detikFinance
SPG Cantik Ramaikan Pameran BUMN di JCC Foto: Muhammad Idris
Jakarta - Sebanyak 118 perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ikut serta dalam pameran Indonesia Business and Development (IBD) Expo 2016.

Tak hanya menampilkan gerai terbaik, perusahaan-perusahaan pelat merah ini juga berlomba dalam strategi menarik pengunjuk ke gerainya, salah satunya dengan menghadirkan wanita cantik sebagai sales promotion girl (SPG).

Berbeda dengan pameran-pameran lainnya seperti pameran otomotif, SPG di pameran ini menggunakan pakaian yang lebih sopan. Berdiri lama dengan senyum dan tangan memegang brosur, SPG-SPG ini sesekali mengajak pengunjuk yang kebetulan lewat di depannya untuk mampir ke gerainya.

Alexa, salah seorang SPG yang menjaga booth kereta cepat Bandung-Jakarta langsung menjelaskan detail begitu disambangi pengunjung yang datang bertanya.



Sepatu hak tingginya tidak menghalanginya bergerak lincah dari ujung gerai ke ujung lainnya. Boot milik PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) ini memang salah satu yang paling panjang di antara boot yang lain.

Maket kereta cepatnya sendiri memiliki panjang sekitar 12 meter. Dia dan 4 SPG lainnya berdandan layaknya pramugari dalam kereta dengan warna merah muda.

"Sehariannya memang biasa jadi SPG. Setiap ada pameran pasti ikut, kebetulan khusus kereta cepat memang pasti ikut terus. Sampai 4 hari di sini, sampai jam 21.00 malam. Kebetulan sudah di-breafing, jadi lancar kalau jelasin," kata Alexa kepada detikFinance, Kamis (8/9/2016).

Alexa mengungkapkan, dirinya sudah 3 tahun menjalani profesi sebagai SPG. Dirinya pun mengaku pilih-pilih dalam ajang pameran yang diikutinya, dan hanya bersedia menjadi SPG yang berpakaian tertutup.



"Biasanya satu tim terus dengan teman-teman lainnya. Jadi selalu bersama, mulai bekerja dari jam 9.00 pagi sampai jam 20.00. Dibayar sekitar Rp 300.000/hari, bisa lebih dari itu kadang," jelas Alexa.

Selain menjelaskan tentang kereta cepat, dia juga tak sungkan jika diajak foto bareng dengan pengunjung. Kebanyakan yang meminta berfoto umumnya pria muda. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed