Jokowi: Lebih dari 90.000 Orang Sudah Ikut Tax Amnesty

M Iqbal - detikFinance
Kamis, 22 Sep 2016 15:42 WIB
Foto: Muhammad Iqbal
Jakarta - Dalam pertemuan dengan para ekonom dan pengusaha di Istana Merdeka, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menyinggung soal program tax amnesty. Jokowi mengatakan, program tax amnesty bukan soal angka, melainkan mendorong kesadaran masyarakat untuk patuh membayar pajak.

Selain itu, dia juga optimistis program tax amnesty akan berjalan lancar.

"Saya sampai saat ini masih optimis dengan program ini. Saya bukan berbicara angka, memang saya tidak pernah bicara angka. Yang paling penting adalah trust dari masyarakat kepada pemerintah. Kemudian kepatuhan dan kesadaran mereka membayar pajak," ujar Jokowi di Istana Merdeka, Kamis (22/9/2016).

Sikap optimistis itu muncul karena menurut Jokowi sampai hari ini nilai uang tebusan sudah cukup tinggi, termasuk juga jumlah wajib pajak yang ikut tax amnesty.

"Saya lihat ada pergerakan yang sangat baik dan sampai hari ini paling tidak tebusan kita sudah mencapai lebih dari Rp 33 triliun dan sudah lebih dari 90 ribu orang yang ikut tax amnesty," kata Jokowi

Selain itu, Jokowi mengatakan, hasil riset dari Citibank menyebutkan tax amnesty bergerak cepat dan aset yang dideklarasikan sudah lebih dari Rp 1.000 triliun.

"Ini merupakan satu dari sukses tax amnesty yang ada di dunia. Ini saya baca di judulnya, saya sudah senang. Ini merupakan strategi Indonesia yang menurut mereka sangat baik," pungkas Jokowi. (hns/hns)