Eksportir Kerupuk Berusia 50 Tahun Ini Dapat Penghargaan dari Jokowi

Dana Aditiasari - detikFinance
Rabu, 12 Okt 2016 15:27 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Siapapun tentu tak asing dengan kerupuk udang atau kerupuk sayuran. Namun tak banyak yang tahu perusahaan di balik kerupuk renyah yang sering kita santap itu. Penasaran?

Salah satu pemain besar di industri kerupuk ini adalah PT Sekar Laut Tbk dengan brand FINNA. Perusahan ini menjadi produsen sekaligus eksportir kerupuk yang sudah berusia 50 tahun.

Kerupuk dengan brand FINNA ini ternyata sudah lama dikenal di manca negara. Kini, produk FINNA dapat dinikmati di 5 Benua dan telah diekspor di 30 negara.

"Salah satunya adalah Belanda sebagai konsumen produk kerupuk FINNA yang terbesar di luar negeri," kata Harry Sunogo, Presiden Direktur PT Sekar Laut Tbk dalam keterangannya, Rabu (12/10/2016).

Harry Sunogo bercerita, capaian itu tentu bukan hal mudah. Harry Susilo sang founding father FINNA, bekerja keras mengumpulkan dan mengekspor ikan dan udang dengan perusahaan yang semula hanya berupa home industry hingga membuat produksi kerupuk udang berjalan hingga 50 tahun.

Atas kiprahnya menjadi perusahaan yang berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia selama puluhan tahun, Sekar Laut dianugerahi Penghargaan Primaniyarta, yang merupakan penghargaan istimewa dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama 2 tahun berturut-turut.

Penghargaan Primaniyarta merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah kepada eksportir yang dinilai paling berprestasi di bidang ekspor dan dapat menjadi teladan bagi eksportir lain.

Reputasi PT Sekar Laut Tbk dengan brand FINNA sebagai perusahaan penghasil makanan kerupuk modern dan terbesar di Indonesia pun semakin diakui.

Penyerahan penghargaan ini, berlangsung di Hall D2 Jakarta International Expo Kemayoran, Rabu (12/10/2016). Ada 4 kategori penghargaan yang diterima oleh perusahaan terkait. Penghargaan yang diraih oleh PT Sekar Laut Tbk merupakan award di bidang Eksportir Pembangunan Merek Global.

Pencapaian PT Sekar Laut Tbk ini setara dengan 5 perusahaan ternama lainnya. Diantaranya adalah PT Kalbe Farma, PT Gajah Mada, PT Tempo Scan Pacific, PT Multistrada Arah Sarana dan PT Selamat Sempurna. Pencapaian ini juga melengkapi banyak penghargaan yang sebelumnya telah diraih oleh PT Sekar Laut Tbk yang telah berdiri sejak tahun 1966.

"Konsistensi produk FINNA dengan kualitas standart dan kreativitas merupakan salah satu kunci penting bagi PT Sekar Laut, Tbk sehingga bisa meraih berbagai penghargaan di mancanegara," ujar Harry Sunogo

Lebih lanjut ia menambahkan bahwa PT Sekar Laut Tbk memiliki resep jitu dalam mengelola dan memacu kreatifitas serta inovasi mengenalkan produk FINNA. Sehingga menjadi kebanggan negara Indonesia hingga pasar Global.

Pada 29 Mei 2015, PT Sekar Laut, Tbk dipercaya oleh pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk menyelesaikan pembangunan dan meresmikan Monumen Jayandaru sebagai monumen kerupuk yang merupakan ikon kebanggaan kota Sidoarjo dan bangsa Indonesia.

Dengan adanya monumen setinggi 23 meter ini, diharapkan seluruh masyarakat Indonesia mengetahui tempat penghasil kerupuk udang maupun bandeng pertama dan terbesar berada di Kabupaten Sidoarjo. Selain itu dapat pula memberikan kebanggan akan produk Indonesia.

Karena, merek Indonesia tidak kalah dengan produk luar negeri. Keberhasilan yang sama, diraih oleh PT Sekar Bumi Tbk yang masih menjadi bagian dari Sekar Group. PT Sekar Bumi, Tbk berhasil meraih gelar Primaniyarta kategori Eksportir Berkinerja.

Pencapaian ini tak Iepas dari performance yang luar biasa dari PT Sekar Bumi Tbk Sehingga PT Sekar Bumi Tbk mampu memberikan kebanggaan yang lebih bagi Sekar Group di tiga tahun berturut-turut. (dna/hns)