Follow detikFinance
Minggu, 25 Des 2016 11:32 WIB

Daging Kerbau Asal India Laris Dijual di Pasar Jatinegara

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Ardan Adhi Chandra Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Sejak beberapa bulan lalu Bulog sudah gencar melakukan impor daging kerbau impor asal India. Dengan masuknya daging kerbau impor asal India diharapkan masyarakat memiliki alternatif lain untuk mengonsumsi protein.

Harga daging kerbau yang dijual Bulog seharga Rp 65.000/kilogram (kg), atau hampir setengah dari harga daging sapi normal di level Rp 120.000/kg. Daging kerbau impor asal India ini sudah ramai masuk di berbagai pasar.

Salah satu penjual daging kerbau impor asa India di Pasar Jatinegara bernama Arif menuturkan, penjualan daging kerbau belakangan ini sudah mengalami lonjakan. Dirinya bisa menjual hingga 20 kg daging kerbau setiap harinya.

"Banyak yang beli, sehari sampai mungkin 20 kg," jelas Arif saat berbincang dengan detikFinance di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (25/12/2016).

Dirinya menambahkan masyarakat saat ini mulai beralih menggunakan daging kerbau sebagai sumber protein hewani di tengah masih tingginya harga daging sapi.

Umumnya yang membeli daging kerbau asal India merupakan pemilik rumah makan atau restoran. Daging kerbau dipilih karena memiliki kesamaan rasa dan tekstur dengan daging sapi namun dengan harga yang jauh lebih murah.

"Sudah mulai suka. Restoran biasanya yang beli untuk diolah jadi berbagai masakan," tutur Arif.

Arfi menjual daging kerbau asal India di level Rp 75.000/kg. Bahkan untuk daging kerbau bagian paha belakang, dirinya menjual seharga Rp 90.000 per kg.

Ia mengambil daging kerbau bermerek Allana dari bilangan Pulo Gadung, Jakarta Timur.

"Kalau saya jual Rp 75.000/kg tergantung dagingnya. Kalau paha belakang bisa Rp 90.000/kg," ujar Arif. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed