Follow detikFinance
Kamis 16 Feb 2017, 13:06 WIB

Tol Tembus Sampai Semarang, Horor Macet Brexit Tak akan Terulang

Muhammad Idris - detikFinance
Tol Tembus Sampai Semarang, Horor Macet Brexit Tak akan Terulang Foto: Muhammad Idris - detikFinance
Semarang - Proyek Tol Trans Jawa terus dikebut. Targetnya, musim mudik Lebaran 2017 tol dari Brebes Timur Exit atau Brexit hingga ke Semarang bisa dilalui kendaraan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuldjono, menjamin pengalaman horor kemacetan parah di Brexit tidak terulang lagi. Hal ini karena pemudik bisa memiliki banyak opsi keluar di sepanjang jalur tol fungsional atau darurat sampai Semarang.

"Mudah-mudahan bablas. Kalau tol bisa sampai Semarang saya kira sudah menyebar semua. Orang bisa keluar Tegal, Purwokerto, Pemalang, dan lainnya. Masih banyak pilihan. Batang juga bisa keluar. Kalau sudah sampai Semarang, keluarnya bisa pilihan," ujar Basuki di sela-sela kunjungan kerja di Semarang, Kamis (16/2/2017).

Basuki optimistis operasional penuh tol dari Brebes Timur hingga Semarang yang melewati Kabupaten Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, dan Kendal tersebut sesuai target pada 2018 mendatang.

"Kalau konstruksinya kita akan selesaikan di 2018. Janji saya kan gitu, programnya semua di 2018 operasional. Namun fungsionalnya mudik ini. Namun dengan tanah 94% (bebas) pasti Anda juga yakin," jelas dia.

Baca juga: Masih Darurat, Brexit-Semarang Gratis Lewat Tol

Sebagai informasi, jalan Tol Pejagan-Pemalang 57,50 kilometer (km) terbagi dalam empat seksi. Jalan tol ini dibangun dan dikelola oleh PT Pejagan Pemalang Toll Road yang dimiliki oleh perusahaan konstruksi pelat merah PT Waskita Karya Tbk melalui anak usahanya PT Waskita Toll Road.

Dua ruas tol lainnya yang dikebut yakni proyek Tol Pemalang-Batang sepanjang 39,2 kilometer (km) dan Tol Batang-Semarang 75 km. Ruas Tol Pemalang-Batang juga dikerjakan oleh PT Waskita Karya Toll Road. Kemudian Tol Batang-Semarang digarap keroyokan oleh konsorsium Waskita Toll Road dan PT Jasa Marga Tbk.

Dengan tersambungnya ruas tol Pejagan-Pemalang dan Pemalang-Batang-Semarang, maka Jakarta menuju Semarang nantinya bisa ditempuh dalam waktu 6-8 jam. (idr/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed