Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 08 Mar 2017 19:35 WIB

Garuda, PTDI, dan Pelita Air Service Diminta Bersinergi

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: agung pambudhy Foto: agung pambudhy
Jakarta - Kementerian BUMN hari ini menggelar rapat dengan manajemen PT Dirgantara Indonesia (DI). Rapat tersebut membahas penguatan kerja sama antar perusahaan industri penerbangan berpelat merah.

Direktur Produksi PT DI, Arie Wibowo, mengungkapkan Kementerian BUMN menginstruksikan kepada pihaknya, PT Garuda Indonesia Tbk, dan PT Pelita Air Service untuk bekerja sama dalam hal jasa servis penerbangan atau maintenance, repair, and operations (MRO).

"Itu agar lebih berguna untuk bangsa, untuk konektivitas, distribusi logistik, untuk menyediakan transportasi, untuk membuka turisme, dan lain-lain. Kita industri pesawat, Garuda airliner-nya, Pelita yang operator turboprop," tutur Arie di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (8/3/2017).

Arie mengatakan, upaya sinergi tersebut masih dalam pembahasan, belum ditentukan model sinergi nantinya. "Belum tahu, ini masih tahap mencoba membentuk sinerginya seperti apa, yang pasti MRO," imbuhnya.

Menurut Arie, nantinya bisa saja sinergi tersebut membentuk kerja sama operasional (KSO) atau bahkan lahir perusahaan patungan atau joint venture.

"Belum tahu, apakah bentuk KSO atau bentuk perusahaan baru. Enggak begitu penting bentuknya apa, yang penting bagaimana membuat services yang diakui di Indonesia dan negara tetangga," pungkasnya. (mca/mca)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com