Follow detikFinance
Rabu 15 Mar 2017, 17:15 WIB

Jasa Marga: Gerbang Tol Kami 100% Layani e-Toll

Fadhly F Rachman - detikFinance
Jasa Marga: Gerbang Tol Kami 100% Layani e-Toll Foto: Dikhy Sasra
Jakarta - Pemerintah tengah mendorong supaya pembayaran gerbang tol di seluruh Indonesia menggunakan sistem non tunai atau elektronik secara penuh pada tahun ini. Artinya pembayaran tunai atau secara cash tidak lagi dilayani.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk selaku pihak pengelola jalan tol juga menyambut positif rencana tersebut.

Direktur Utama Jasa Marga, Desi Arryani, Jasa Marga telah menyatakan kesiapan untuk aturan tersebut. Bentuk kesiapannya, kata Desi, ialah seluruh gardu tol milik Jasa Marga yang sudah bisa melayani transaksi elektronik.

"Jadi walaupun tidak seluruh gardu Jasa Marga itu GTO, tapi sebetulnya di gardu manual kita itu sudah bisa menerima e-Toll. Jadi sebetulnya, e-Toll sudah bisa diterima di semua gardu tol Jasa Marga, baik di gardu manual mau pun GTO. Jadi Full 100% sudah bisa diterima," ungkap Desi di Balai Kartini, Kuningan, Jakarta, Rabu (15/3/2017).

Walau demikian, Desi mengatakan, bahwa pengguna jalan masih lebih memilih untuk menggunakan sistem pembayaran manual dibanding transaksi elektronik. Hingga saat ini, kata Desi, baru sekitar 24% layanan transaksi elektronik yang digunakan.

Oleh karenanya, Desi mengatakan, bahwa Jasa Marga bersama dengan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) terus melakukan sosialisasi di bawah koordinasi Bank Indonesia, untuk mendorong masyarakat menggunakan transaksi elektronik dalam pembayaran tol.

"Memang utilisasinya yang masih 24%. Untuk itu ke depan, kami bersama dengan Himbara di bawah kordinasi Bank Indonesia, akan lebih meningkatkan lagi sosialisasi atau campaign yang lebih besar sehingga utilisasi e-Toll ini meningkat, dan memang target Bank Indonesia 100% di tahun ini," ujarnya.

"Jadi kami mendorong cashless ini cepat tercapai, dan tidak mudah mendorong masyarakat untuk memakai e-toll card. Karena baru 24% utilisasinya, jadi kita harapkan dengan kebijakan pemerintah, itu akan terjadi akselerasi," tutup Desi. (dna/dna)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed