Follow detikFinance
Kamis 16 Mar 2017, 11:49 WIB

Telan Rp 4,2 Triliun, Berapa Tarif Jalan Tol Gempol-Pasuruan?

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Telan Rp 4,2 Triliun, Berapa Tarif Jalan Tol Gempol-Pasuruan? Foto: Eduardo Simorangkir/detikFinance
Pasuruan - Jalan tol ruas Gempol-Pasuruan sepanjang 34,1 km ditarget rampung pada akhir tahun depan. Jalan bebas hambatan yang menelan dana Rp 4,2 triliun ini merupakan salah satu proyek prioritas yang masuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional.

Ruas tol yang dikelola oleh PT Transmarga Jatim Pasuruan ini ditargetkan bisa beroperasi untuk seksi I pada April mendatang, dengan segmen Bangil-Rembang sepanjang 7,1 km akan beroperasi lebih dulu.

Berapa tarif yang dikenakan untuk melewati tol sepanjang 34,1 km ini?

Direktur Utama PT Transmarga Jatim Pasuruan, Agus Purnomo mengatakan, sesuai dengan amandemen Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT), tarif yang dikenakan adalah Rp 1.000/km untuk kendaraan golongan I.

"Tarifnya untuk ruas ini masih sesuai PPJT amandemen, Rp 1000 per kilometer," katanya saat ditemui di ruas tol Gempol-Pasuruan, Pasuruan, Rabu (15/3/2017).

Dengan tarif sebesar Rp 1.000/km untuk golongan I, maka biaya yang dibutuhkan untuk melewati jalan tol secara penuh sepanjang 34,1 km kira-kira sebesar Rp 34.000.

Seksi I sendiri diharapkan bisa beroperasi sebelum Lebaran tahun ini. Agus mengungkapkan, hingga akhir tahun nanti, sedikitnya 20 km panjang jalan tol hingga seksi II di daerah Pasuruan bisa tersambung.

"Jadi kita targetkan sampai akhir tahun ini sudah sampai kota Pasuruannya. Gempol sampai dengan seksi II kota Pasuruan, total sekitar 20 km. Tapi kalau 34 km itu seluruhnya beroperasi akhir tahun depan," pungkasnya. (dna/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed