Pelapor SPT Membludak, Situs Pajak Diakses 3 Juta Orang/Jam

Hendra Kusuma - detikFinance
Rabu, 29 Mar 2017 17:56 WIB
Foto: Internet
Jakarta - Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) memastikan, terdapat 3 juta orang setiap jamnya yang mengakses situs pajak, dalam rangka melaporkan SPT Tahunan PPh periode 2016.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Transformasi dan Informasi Ditjen Pajak Iwan Djuniardi di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta, Rabu (29/3/2017).

"Kita pantau sampai 200 transaksi per second artinya ada 3 juta per jam orang yang akses," kata dia.

Baca juga: Alasan Sri Mulyani Perpanjang Waktu Lapor SPT Pajak Jadi 21 April

Pelaporan SPT Tahunan PPh hingga 28 Maret 2016 telah mencapai 7,2 juta SPT yang 5,9 juta diantaranya adalah pelaporan menggunakan sistem elektronik atau e-Filing.

Iwan menyebutkan, banyaknya masyarakat yang mengakses situs pajak juga tidak bisa dipungkiri menjadi salah satu alasan situs pajak error.

Baca juga: Situs Sempat Error, Ini Penjelasan Ditjen Pajak

Untuk menjaga situs pajak dari masalah, Ditjen Pajak mengimbau kepada seluruh WP yang ingin melaporkan SPT secara elektronik untuk memanfaatkan e-Form. e-Form tersebut merupakan cara pelaporan berbasis elektronik sama seperti e-Filing, yang membuat beda adalah e-Form bisa diunduh terlebih dahulu formulir pengisian SPT. Sehingga, pada saat mengisi e-Form bisa dilakukan secara offline.

"Saya imbau pake e-form lah," tandasnya. (mkj/mkj)