Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 30 Mar 2017 16:35 WIB

Mentan: Bulog Siapkan Jagung untuk Peternak

Bayu Ardi Isnanto - detikFinance
Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Harga jagung untuk pakan ternak yang meningkat, diklaim membuat para peternak ayam merugi. Pasalnya harga jual telur dari peternak juga dinilai rendah.

Peternak ayam mengeluhkan harga jagung bahan baku pakan naik. Namun, menurut Menteri Pertanian Amran Sulaiman, jagung masih ada kisaran harga yang wajar.

"Peternak ayam jangan hanya bilang 'katanya'. Saya dari Banten, kemarin mengatakan Rp 4.000, padahal di sana Rp 2.500," kata Amran usai menghadiri seminar Peranan Sumber Daya Pertanian, Perkebunan dan Peternakan dalam Mendukung Ketahanan Pangan Nasional, di
Auditorium Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Kamis (30/3/2017).

Baca juga: Demo Depan Istana, Peternak Ayam Keluhkan Harga Naik Turun

Menurut Amran, pemerintah telah menyiapkan stok jagung di Bulog untuk para peternak kecil.

"Mau minta berapa saja jagung, kita siapkan di Bulog, dengan harga Rp 3 ribu lebih. Stok ada banyak," ujarnya.

"Kami minta peternak kecil minta jagung ke Bulog. Kita dahulukan ke peternak kecil, itu perintah presiden," terang Amran.

Mengenai demonstrasi para peternak ayam dari berbagai daerah yang berpusat di Jakarta hari ini, Amran mengaku belum mengetahui rencana tersebut. Dia akan berkoordinasi lebih lanjut dengan Kementerian Perdagangan.

"Harga naik konsumen ribut. Hargat turun produsennya yang ribut. Kita harus jaga harga keseimbangan. Akan kita bahas dengan Kementerian Perdagangan," pungkasnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed