Follow detikFinance
Minggu 02 Apr 2017, 14:30 WIB

Pasca Ampuni 1 Juta Orang RI, Ini Peringatan Ditjen Pajak

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Pasca Ampuni 1 Juta Orang RI, Ini Peringatan Ditjen Pajak Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Program tax amnesty atau pengampunan pajak resmi berakhir Jumat malam kemarin (31/3/2017). Setelah 9 bulan bergulir, hampir 1 juta wajib pajak memanfaatkan kesempatan ini.

Program tax amnesty juga mencatat ada 48.000 wajib pajak baru. Dengan bertambahnya basis pajak ini juga sekaligus meningkatkan penerimaan pajak ke depan.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak, Hestu Yoga Saksama berharap dengan berakhirnya tax amnesty, wajib pajak bisa lebih tertib melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak tahunannya ke kantor pajak.

"Setelah diampuni, ke depan lapor dengan benar. Kita ampuni tapi minta komitmennya jadi wajib pajak yang baik," Yoga saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Minggu (2/4/2017).

"Kita bina wajib pajaknya, kalau dulu memiliki harta enggak dilaporkan SPT penghasilannya, atau bisa jadi dari harta-harta itu pun ada penghasilan dari rumah yang disewakan sebagai penghasilan tapi enggak dilaporkan," jelasnya.

Baca juga: Tax Amnesty Berakhir, Sri Mulyani: Selama Ini Rp 4.800 T Tak Terdeteksi


Kesalahan pajak di tahun 2015 ke belakang diampuni setelah mengikuti tax amnesty. Namun, ke depan para wajib pajak harus melaporan SPT tahun 2016 dan seterusnya untuk memastikan kesamaan antara pendapatan dengan pajak yang dibayar.

"Yang lalu-lalu sudah enggak dimasalahin. Karena yang diampuni 2015 ke belakang. Ke depan pastikan mereka sudah sesuai profilnya seperti apa yang dideklarasikan," tutur Yoga. (mkj/mkj)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed