Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 10 Apr 2017 13:23 WIB

Laporan dari Tokyo

RI Bisa Genjot Produk Halal Demi Tembus Pasar Internasional

Iin Yumiyanti - detikFinance
Foto: Iin Yumiati/detikcom Foto: Iin Yumiati/detikcom
Tokyo - Banyak negara memanfaatkan keunikan dalam menjual produknya di pasar internasional. Indonesia juga harus punya sesuatu yang unik.

Salah satu yang bisa dimanfaatkan oleh Indonesia adalah jualan produk dengan label halal. Makanan dan minuman halal bisa menjadi keunikan Indonesia di pasar internasional.

"Kita ini sekarang sudah masuk pasar bebas. Kalau kita bisa mengembangkan sesuatu, semua investasi bisa masuk. Misalnya makanan, sekarang ini sudah mengarah ke produk halal," kata Utusan Khusus RI untuk Jepang, Rachmat Gobel, ditemui di Tokyo Imperial Hotel, Tokyo, Jepang, Senin (10/4/2017).

Menurut Gobel, label produk halal diberikan bukan hanya sekedar penggunaan bahan baku saja, tapi juga ke proses pembuatan dan penyimpannya.

"Kita lihat halal bukan sekedar penggunaan bahan bakunya, tapi prosesnya, bagaimana sistem penyimpanan, itu bagian dari halal. Kita butuh itu untuk jadi produk global," kata mantan Menteri Perdagangan itu.

Selain memanfaatkan produk halal, Indonesia juga bisa mempopulerkan jargon 'made in Indonesia' seperti 'made in China' yang sekarang sangat populer.

Baca juga: Mimpi Made in RI Jadi Lebih Terkenal dari Made In China (ang/dnl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com