Follow detikFinance
Senin 10 Apr 2017, 17:50 WIB

Tak Boleh Mangkrak, MRT Jakarta Diharapkan Beroperasi 2019

Dana Aditiasari - detikFinance
Tak Boleh Mangkrak, MRT Jakarta Diharapkan Beroperasi 2019 Foto: Ari Saputra
Jakarta - Pembangunan moda transportasi massal, Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta tahap I koridor Selatan-Utara yang menghubungkan kawasan Lebak Bulus hingga Bundaran HI kini telah mencapai progres keseluruhan 67%. Adapun pengerjaan jalur MRT elevated atau melayang sepanjang 10 km dari wilayah Lebak Bulus hingga Sisingamangaraja saat ini telah mencapai progres 50,71%, sedangkan jalur bawah tanah sepanjang 6 km saat ini progresnya telah mencapai sekitar 80%.

"Kalau totalnya sampai 28 Februari itu progresnya 67%. Kalau sekarang sudah 24 Maret kemungkinan sudah berubah datanya lebih maju. Tapi yang kita update per akhir Februari, itu yang elevated sekarang progresnya 50,71%, kalau digabung sama yang underground itu totalnya 67%," kata Sekretaris PT MRT Jakarta, Hikmat saat dihubungi detikFinance belum lama ini.

Terpisah, Wakil Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat, Michael Wattimena mengatakan, pihaknya mengharap proyek ini bisa rampung lebih cepat.

Ia berharap dengan semangat dan penuh kehati-hatian dapat diselesaikan dengan baik pada tahun 2019.

"Kita harapkan tajun 2019 tidak hanya finishing melainkan direalisasikan dan operasikan. Dengan begitu masyarakat sudah berupaya mengurangi kendaraan pribadi untuk berpergian di Jakarta, tapi menggunakan MRT," kata Michael.

Untuk itu, sambung dia, pihaknya bakal memastikan, segala kebutuhan pemerintah untuk mempercepat penyelesaian mega proyek ini akan mendapat dukungan dari DPR.

Terlebih menurut dia, manfaat moda transportasi ini sangat besar bagi warga Jakarta, karena dapat mengurai kemacetan yang selama ini kerap menghiasi wajah ibu kota.

"Komisi V DPR akan terus mendorong pembangunan proyek tersebut, tentunya jangan sampai terbengkalai, tujuannya dapat mengurangi kemacetan di Ibukota Jakarta," tandas dia. (dna/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed