Follow detikFinance
Kamis 13 Apr 2017, 15:35 WIB

Update Soal Pajak Google dari Sri Mulyani

Michael Agustinus - detikFinance
Update Soal Pajak Google dari Sri Mulyani Foto: Zaki Alfarabi
Jakarta - Google Asia Pacific Pte Ltd dipastikan akan melunasi kewajiban pajak di Indonesia. Bagaimana perkembangan terbaru pembayaran pajak ini?

Menteri Keuangan, Sri Mulyani, mengatakan saat ini Google sedang berdiskusi dengan kantor pajak mengenai jumlah pajak yang harus dibayar.

"Mereka (Google) akan diskusi dengan kantor pajak mengenai target penghitungannya. Beberapa kali mereka dengan kantor pajak sudah mendiskusikan jadi saya yakin akan cukup baik. Pada April ini kan bulan terakhir mereka menyampaikan," kata Sri Mulyani di Hotel Fairmont, Jakarta, Kamis (13/4/2017).

Pajak yang akan dibayar nantinya ke pemerintah Indonesia adalah sampai perhitungan periode 2015. Masalah pajak perusahaan Over The Top (OTT) ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi di banyak negara.

Pada pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral negara-negara G20 di Baden-Baden, Jerman, masalah pajak ini juga sempat dibahas.

Peran ekonomi digital sangat penting, misalnya dengan banyaknya e-commerce dan digital economy yang beriklan di search engine seperti Google dan Amazon semakin meningkat.

Apalagi, Google memiliki layanan jasa search engine di seluruh dunia tetapi tidak memiliki kantor di setiap negara, seperti Indonesia.

Akibatnya, pemerintah setempat sulit memajaki padahal Google mendapatkan penghasilan dari transaksi iklan di negara tersebut. Oleh karena itu, seluruh negara G20 menilai perlunya kesiapan yang lebih baik dan kerja sama untuk memajaki perusahaan OTT tersebut. (ang/hns)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed