Follow detikFinance
Sabtu 15 Apr 2017, 15:45 WIB

Laporan dari Xiamen

Menjajal Jalur Sepeda Layang Pertama di China

Feby Dwi Sutianto - detikFinance
Menjajal Jalur Sepeda Layang Pertama di China Foto: Feby Dwi Sutianto
Xiamen - Pemerintah China sangat getol membangun infrastruktur, meskipun berada di luar kota-kota utama (tier 1). Pesatnya pembangunan infrastruktur di China bisa dilihat, salah satunya di Kota Xiamen, Fujian, China.

Kota di pesisir di bagian selatan China ini punya fasilitas jalur sepeda 'layang' atau Xiamen Bicycle Sky Track. Jalur sepeda layang yang baru diresmikan pada awal 2017 ini memiliki panjang 7,6 km.

Terdapat 2 jalur sepeda yang membentang sepanjang kiri dan kanan tiang-tiang BRT atau tepatnya mengekor jalur BRT, Hong Wen BRT Station sampai Xian Hou BRT Station.

Jalan khusus sepeda ini melayang pada ketinggian 2.5 meter sampai 5 meter di atas tanah. Untuk keamanan, terdapat pagar pengaman serta petugas patroli dan plus kamera CCTV sepanjang jalur.

Menjajal Jalur Sepeda Layang Pertama di ChinaFoto: Istimewa

Jalur khusus sepeda ini terkoneksi dengan angkutan BRT dan bus kota. Keberadaan jalur sepeda layang ini juga mendukung booming bisnis persewaan sepeda berbasis aplikasi (bike sharing) di China.

Huo, mahasiswi China, mengaku terkesan dengan adanya jalur sepeda layang ini. Ia bisa bersepeda sekaligus menikmati keindahan taman, danau buatan hingga bangunan di sepanjang jalur.

"Ini yang pertama ada di China. Saya sangat senang sekali di sini karena disuguhkan pemandangan indah. Apalagi jalur ini sangat efisien karena dibangun di dekat tiang-tiang BRT," sebutnya kepada detikFinance, Sabtu (15/4/2017).

Ada infrastruktur apa lagi di Xiamen? Lihat di berita-berita di bawah ini.

Baca juga: Kecamatan di China ini Tersambung Terowongan Bawah Laut 8,7 Km

Baca juga: Pengalaman Naik 'Busway Layang' di China

Menjajal Jalur Sepeda Layang Pertama di ChinaFoto: Feby Dwi Sutianto
(feb/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed