Follow detikFinance
Minggu 16 Apr 2017, 13:40 WIB

Tol Akses Tanjung Priok Solusi Atasi Kemacetan

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Tol Akses Tanjung Priok Solusi Atasi Kemacetan Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Jalan Tol akses Tanjung Priok di Jakarta Utara resmi beroperasi hari ini setelah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Sabtu kemarin (15/4). Selama sebulan ke depan, mereka yang melewati jalan tol ini belum dikenakan tarif alias gratis.

Jalan tol sepanjang 11,4 kilometer (KM) ini akhirnya rampung setelah dimulai pembangunannya sejak 9 tahun lalu. Dengan beroperasinya jalan tol ini juga bisa mengurangi kepadatan lalu lintas truk menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.


"Tol Tanjung Priok adalah solusi sementara untuk mengatasi kemacetan di Tanjung Priok," tutur Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia (ALI), Zaldy Ilham Masita saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Minggu (16/4/2017).

Sayangnya dengan beroperasinya jalan tol Tanjung Priok belum mampu menekan biaya logistik. Hal ini dikarenakan adanya tambahan biaya tol menuju Pelabuhan Tanjung Priok.

"Tapi tidak akan mempengaruhi atau menurunkan biaya logistik karena akan ada tambahan biaya tol," ujar Zaldy.

Di sisi lain perluasan Pelabuhan Tanjung Priok juga perlu dilakukan mengingat semakin banyaknya barang yang melakukan bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Pemerintah perlu segera mengevaluasi apakah perlu menambah kapasitas pelabuhan di Tanjung Priok dengan penambahan kapasitas di New Priok sampai tahap ketiga," tutur Zaldy. (dna/dna)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed