Follow detikFinance
Jumat 21 Apr 2017, 22:10 WIB

Pastikan Stok Pangan Aman, Mendag: Tak Boleh Ada Penimbunan

Usman Hadi - detikFinance
Pastikan Stok Pangan Aman, Mendag: Tak Boleh Ada Penimbunan Foto: Usman Hadi/detikcom
Bantul - Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita memastikan stok pangan nasional sampai Juli aman, bahkan beberapa komoditas sampai September masih mencukupi.

Enggar yakin harga kebutuhan pokok menjelang dan selama Ramadan terkendali, sehingga tidak ada gejolak harga melambung tinggi.

"Kami meyakini sampai Juli, bahkan untuk beberapa komoditas sampai September stoknya masih mencukupi, lebih dari cukup. Makanya kami yakin harga kebutuhan pokok terkendali," jelas Enggar, saat menghadiri upacara kirab tementen tebu di Pabrik Gula PS Maduksimo, Jumat (21/4/2017) sore.

Baca juga: Tiga Menteri Jokowi Amankan Pasokan Pangan Ramadan dan Lebaran

Di antara bahan pokok yang dipastikan aman adalah beras. Bahkan, stok beras saat ini melimpah.
Sebab itu, jika ada daerah yang kekurangan bahan kebutuhan pokok seperti beras, pemerintah pusat siap menggelontorkan beras guna menstabilkan harga.

"Untuk stok beras kami over, cadangannya lebih dari cukup. Kalau minyak curah, minyak goreng stok kami juga cukup," ujar Enggar

Karena bahan kebutuhan pokok mencukupi, Enggar berharap tidak ada lagi praktik permainan harga dengan cara menimbun barang kebutuhan pokok di gudang. Untuk mencegah terjadinya praktik curang ini, setiap distributor diwajibkan lapor.

Jika distributor enggan melaporkan stok barang milik mereka secara berkala, pemerintah tak akan segan menindak.

"Saya harapkan tidak ada celah penimbunan yang memainkan harga. Tidak boleh ada penimbunan, kalau (menimbun) pasti kami periksa," tegas Enggar.

Baca juga: Ancaman Mendag untuk Spekulan yang Mainkan Harga Sembako.

Dengan adanya kewajiban distributor rutin melaporkan stok barang milik mereka, dia yakin tidak ada penimbunan bahan kebutuhan pokok seperti yang terjadi sebelum-sebelumnya.

Enggar menyebut jika ada upaya yang tidak baik, baik distributor maupun dari pihak manapun yang menimbun barang, para pelaku pasti ditangkap, dan pemerintah bakal memberikan sanksi sebagaimana aturan yang berlaku.

"Kami terapkan ketentuan yang berlaku. Jika terbukti menimbun, saya coret, dan tidak akan pernah bisa berdagang lagi," tutupnya. (hns/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed