Follow detikFinance
Selasa 09 May 2017, 19:54 WIB

Pengusaha: Kebijakan Ahok Benahi Birokrasi di DKI Revolusioner

Hans Henricus BS Aron - detikFinance
Pengusaha: Kebijakan Ahok Benahi Birokrasi di DKI Revolusioner Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Basuki Tjahaja Purnama menjabat Gubernur DKI Jakarta sejak November 2014. Selama dua tahun lebih memimpin DKI, pria yang beken disapa Ahok itu membenahi birokrasi hingga perizinan di DKI.

Langkah Ahok itu mendapat apresiasi pengusaha. Wakil Ketua Umum Kadin DKI Jakarta, Sarman Simanjorang, mengatakan pelaku usaha mengapresiasi kinerja Ahok selama ini.

Menurut Sarman, banyak kebijakan Ahok yang baik dan memudahkan pelaku usaha, walaupun memang ada yang masih proses dan perbaikan.

Baca juga: Kata Pengusaha Soal Sosok Ahok Selama Jabat Gubernur DKI

"Pembenahan birokrasi yang saat ini kami rasakan sangat revolusioner, di mana birokrasi di Pemprov DKI Jakarta yang dulu lebih berorientasi proyek sekarang sudah berorientasi pelayanan. Pelayanan di tingkat kelurahan, kecamatan, wali kota sampai provinsi sudah sangat baik," ujar Sarman kepada detikFinance, Selasa (9/5/2017).

Kemudian pelayanan perizinan melalui PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) juga berjalan baik. Sarman menyarankan, ke depan ditingkatkan berbasis IT sehingga pengurusan perizinan tidak perlu antre di loket namun bisa via online.

"Jadi secara umum bahwa program beliau sangat baik, memang ada beberapa kebijakan beliau yang tidak sesuai dengan harapan pelaku usaha. Namun kita dari pelaku usaha tetap memberikan masukkan agar dapat direvisi sehingga sesuai dengan harapan dunia usaha," pungkas Sarman.

Baca juga: Capaian Ekonomi DKI dalam 2 Tahun Dipimpin Ahok

Saat ini Ahok harus menjalani tahanan di Rutan Cipinang setelah dijatuhi vonis 2 tahun pidana penjara karena menodai agama. Ahok dan tim kuasa hukumnya mengajukan banding atas putusan ini. (hns/dna)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed