Follow detikFinance
Rabu 10 May 2017, 11:24 WIB

Ancaman Rini untuk Pejabat BUMN yang Korupsi

Danang Sugianto - detikFinance
Ancaman Rini untuk Pejabat BUMN yang Korupsi Foto: Grandyos Zafna
Jayapura - Belum lama ini Kementerian BUMN memberhentikan Budi Tjahjono dari posisinya sebagai Direktur Utama PT Jasindo lantaran telah ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Nama Budi Tjahjono menambah daftar petinggi BUMn yang tersangkut kasus korupsi.

Menteri BUMN Rini Soemarno menegaskan bahwa kementerian yang dipimpinnya tidak mentolerir tindakan dari individu yang merugikan negara. Oleh karena itu pihaknya bersikap tegas atas oknum-oknum BUMN yang melakukan tindak korupsi.

"Pada dasarnya kita keras, itu kan akhirnya tindakan individu, jadi ya individunya itu tanggung jawab. Kalau seperti kemarin KPK sudah menetapkan tersangka langsung kita berhentikan, tidak ada toleransi sama sekali," tegasnya di Jayapura, Papua, Rabu (10/5/2017).

Dia juga berpesan kepada seluruh karyawan dan petinggi BUMN agar bekerja secara profesional, transparan dan menjunjung budaya anti korupsi. Sebab jika kedapatan melanggar maka tidak ada toleransi yang bisa diberikan dan berujung pemecatan.

Rini juga mengatakan bahwa pihaknya sangat terbuka bagi KPK jika ingin mengusut lebih jauh terkait kasus-kasus dugaan KKN di seluruh perusahaan berpelat merah.

"Silahkan, kami sangat terbuka, kami mendukung proses hukum. Kita betul-betul terus sosialisasikan anti korupsi, supaya karyawan BUMN betul-betul lebih jeli dan transparan agar bisa memberikan yang terbaik untuk negara dan melakukan manajemen yang bersih," tegasnya. (ang/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed