Follow detikFinance
Rabu 10 May 2017, 16:00 WIB

Proyek LRT Jakarta Warisan Ahok Dikebut Rampung Akhir 2017

Muhammad Idris - detikFinance
Proyek LRT Jakarta Warisan Ahok Dikebut Rampung Akhir 2017 Foto: Ari Saputra
Jakarta - Selain Simpang Susun Semanggi, proyek Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang juga dikebut adalah LRT Kelapa-Gading-Velodrome (Rawamangun-Jakarta Timur).

Kontraktor proyek ini adalah PT Wijaya Karya Tbk (WIKA). Lantas, sudah sejauh mana progres proyek LRT tersebut?

"Sudah 40%, sesuai target. Sebelum Asian Games, itu akhir tahun schedulenya," ujar Direktur SDM dan Pengembangan Sistem Wika, Novel Arsyad, dalam acara diskusi di Gedung MM UGM, Jakarta, Rabu (10/5/2017).

Baca juga: Ini Dia Proyek Infrastruktur Warisan Ahok Saat Jabat Gubernur DKI

Menurut Noval, LRT Kelapa Gading-Velodrome siap dioperasikan sebelum ajang Asian Games tahun depan. Menurut jadwal, Asian Games 2018 akan digelar di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus-2 September 2017.

Dia menambahkan, pergantian kursi pemimpin DKI Jakarta dari Basuki Tjahaja Purnama ke Djarot Saeful Hidayat sebagai pelaksana tugas atau Plt gubernur tak mempengaruhi progres pembangunan LRT. Selain itu, pencairan dana proyek LRT juga tak terhambat.

"Tak ada pengaruh perubahan ke Plt, itu kan sudah kontrak. Jadi, ada dana dulu baru kontrak," terang Novel.

Pembangunan LRT Jakarta akan dilakukan bertahap dari total panjang 110 km dan terbagi menjadi beberapa koridor. Saat ini, pembangunan dilakukan di Depo Kelapa Gading menuju Velodrome sepanjang 5,8 km dengan investasi sekitar Rp 7 triliun.

Baca juga: Proyek LRT Jakarta Terintegrasi Busway Hingga Kereta Bandara

Pembangunan rute ini untuk mengakomodasi pagelaran Asian Games pada 2018. Proses konstruksi proyek LRT Jakarta sudah dari Januari 2017.

Pada proyek LRT Jakarta, Wika menugaskan BUMD Pemprov DKI, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menggarap pembangunan fisik. Proyek ini juga melibatkan perusahaan asal Inggris yakni Mott Macdonald sebagai konsultan. (hns/wdl)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed