Follow detikFinance
Senin 15 May 2017, 17:39 WIB

Siapa yang Bocorkan Rencana Razia ke PKL Tanah Abang?

Fadhly F Rachman - detikFinance
Siapa yang Bocorkan Rencana Razia ke PKL Tanah Abang? Foto: Fadhly F Rachman-detikFinance
Jakarta - Petugas Satpol PP terus melakukan operasi pengawasan untuk menertibkan para PKL yang berjualan di sekitar trotoar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Walau begitu, para PKL tampaknya lebih lincah dari petugas.

Hal itu terlihat ketika sejumlah PKL yang telah lebih dulu membereskan dagangannya sebelum para petugas tiba di lokasi. Mereka pun dengan sigap menggelar lapaknya kembali setelah petugas pergi.

Lantas dari mana mereka mengetahui kapan petugas Satpol PP melewati daerah mereka berjualan di trotoar?

"Ya kita kompak-kompakan aja sama teman-teman. Ada preman-preman (juga). Kadang-kadang mereka kasih tahu kalau misalnya ada petugas, jadi kita rapihin dulu," ungkap salah seorang pedagang bernama Titi saat berbincang kepada detikFinance di lokasi, Jakarta Pusat, Senin (15/5/2017).

Titi mengaku, kalau sejumlah pedagang yang ingin berjualan di trotoar biasanya membayar kepada sejumlah preman yang ada di sana. Walau tidak menjelaskannya secara detil, namun ia mengatakan hal itu sudah umum terjadi.

[Gambas:Video 20detik]


Dengan membayar biaya keamanan tersebut, maka pedagang juga mendapatkan informasi kapan akan dilakukan operasi razia oleh petugas Satpol PP dari para preman di wilayah tersebut.

"Itu ada kutipan liar (dari preman). Kasih tau (kalau mau ada petugas) kan ada kordinasinya. Ada yang mengkoordinir. Jalanan ini kan sudah jadi ajang bisnis," tukasnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed