Follow detikFinance
Kamis 25 May 2017, 17:02 WIB

RI Dapat Investment Grade, Ini Manfaatnya

Citra Fitri Mardiana - detikFinance
RI Dapat Investment Grade, Ini Manfaatnya Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Predikat status kelayakan investasi atau Investment Grade yang diberikan lembaga pemeringkat internasional Standard & Poor's kepada Indonesia dinilai dapat memberikan manfaat baik dari sisi ekonomi makro maupun mikro dalam negeri.

Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN), Arif Budimanta, menilai dari sisi makro Investment Grade telah memberikan manfaat bila beberapa indikator telah menunjukkan perubahan, seperti menurunnya bunga obligasi negara.

"Indikatornya bunga dari obligasi negara menjadi lebih rendah. Sehingga beban bunga yang dibayarkan oleh negara itu lebih rendah. Sehingga penghematan beban bunga itu bisa digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang produktif. Manfaatnya harusnya sampe kesitu," ungkap Arif kepada detikFinance di Jakarta, Kamis (25/05/2017).

Selain itu, Investment Grade juga menurutnya harus memberikan manfaat pada penurunan suku bunga kredit perbankan.

"Kenapa? karena perbankan cari sumber pembiayaan, diharapkan bunga turun dan bersifat jangka panjang," lanjutnya.

Begitu juga pada nilai rupiah. Investment Grade diharapkan bisa memberikan manfaat pada penguatan nilai rupiah dengan pergerakan lebih stabil.

"Diharapkan dapat menyehatkan harga rupiah yang lebih stabil pergerakannya," ujarnya.

Sementara itu dari sisi mikro, Investment Grade dapat memberikan dampak yang besar bagi kesejahteraan masyarakat hingga membuat angka kemiskinan penurunan. Salah satunya melalui penciptaan lapangan kerja baru yang biasanya banyak diserap dari sektor industri.

"Investment Grade harus dapat ditransformasikan untuk peningkatan kesejahteraan rakyat, penurunan kemiskinan dan penciptaan lapangan pekerjaan melalui industrialisasi," jelasnya. (mca/mca)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed