RI Jajaki Impor Daging Sapi dari Chile

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Rabu, 14 Jun 2017 17:27 WIB
Foto: Yulida Medistiara/detikFinance
Jakarta - Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, pemerintah menjajaki impor daging sapi dari Chile, salah satu negara di kawasan Amerika Selatan itu. Rencana kerja sama itu dibahas dalam pertemuan antara Amran dengan Dubes Chile, Gonzalo Mendoza.

"Pertama Chile ini mau ekspor anggur buah ke Indonesia, kemudian juga punya bisa ada dagingnya, nanti ada stempel halalnya," kata Amran usai bertemu dengan Duta Besar Chile untuk Indonesia Gonzalo Mendoza di kantornya, Jakarta Selatan, Rabu (14/6/2017).

Sebagai timbal baliknya Indonesia meminta agar bisa bisa mengekspor produk yang saat ini berlebih, salah satunya jagung. Amran juga meminta kepada Chile agar bisa memperbaiki nama baik minyak sawit Indonesia, dimana beberapa waktu lalu dipermasalahkan oleh Parlemen Uni Eropa.


"Kami sampaikan tolong Black Campaign yang ada di sana, kami tegaskan sekali lagi itu dilakukan di normalkan jangan hanya kita memperhatikan dari sisi lingkungan, tapi juga kesejahteraan 30 juta community yang ada di sekitar oil palm," jelasnya.

Lebih dari itu, Amran menawarkan kepada Chile untuk dapat berinvestasi di Indonesia. Khususnya pada sektor pertanian. Dengan berinvestasi, Amran berharap, sektor pertanian akan lebih memberikan dampak terhadap petani di Indonesia.


"Mungkin daging sapi dari sana, tapi yang kami minta supaya jangan repot-repot kami undang mereka investasi di Indonesia, karena pasarnya besar, penduduknya besar, kalau bisa mempekerjakan orang," tutur Amran. (hns/hns)