Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 07 Jul 2017 21:10 WIB

Agustus 2018, Kelapa Gading-Rawamangun Tersambung LRT

Citra Fitri Mardiana - detikFinance
Foto: Citra Fitri Mardiana/detikFinance
Jakarta - Proyek kereta ringan (Light Rail Transit/ LRT) Jakarta rute Kelapa Gading-Velodrome (Rawamangun) akan beroperasi Agustus 2018. Dengan demikian, LRT Kelapa Gading-Velodrome bisa dipakai saat gelaran Asian Games 2018, yang rencananya 18 Agustus-2 September 2018.

Direktur Utama Jakpro Satya Heragandhi mengatakan, target waktu yang ditetapkan tersebut telah mempertimbangkan berbagai kendala yang mungkin terjadi, hingga membuat penyelesaian proyek terpaksa harus molor dari yang telah direncanakan.

Proyek LRT Jakarta TerkiniProyek LRT Jakarta Terkini Foto: Citra Fitri Mardiania

"Saya enggak mau bilang bisa selesai lebih cepat dari rencana karena kalau tiba-tiba ada banjir atau segala macam? Jadi kita selalu mencoba lebih cepat supaya kalau tiba-tiba ada faktor alam yang enggak bisa kita hadapi dalam perjalanannya itu kita punya waktu," ujar Satya saat dihubungi detikFinance, Jumat (7/7/2017).

"Selesai Juni 2018. Sudah mulai bisa lakukan tes sistem. Uji coba dua bulan Juni-Juli. Agustus 2018 sudah mulai bisa dipakai," lanjutnya.



Menurut Satya menyiapkan berbagai upaya untuk mengebut pengerjaan proyek tersebut. Misalnya dengan menambah waktu operasional menjadi 24 jam, hingga memaksimalkan jumlah alat yang bisa digunakan.

Proyek LRT Jakarta TerkiniProyek LRT Jakarta Terkini Foto: Citra Fitri Mardiana/detikFinance

Satya menambahkan, Januari 2018 mendatang pengerjaan perlintasan LRT sudah bisa selesai.

"Kalau lintasan kita prediksi paling lambat awal Januari (2018) sudah selesai. Rencana itu Februari (2018) selesai. Semoga bisa lebih cepat sebulan. Karena kita khawatirnya, November-Desember (2017) itu hujannya deras," terang Satya.


Proyek LRT Jakarta TerkiniProyek LRT Jakarta Terkini Foto: Citra Fitri Mardiana/detikFinance

Kendati demikian, sembari pembangunan konstruksi lintasan selesai, Jakpro juga menunggu rel LRT selesai diproduksi. Bila sesuai jadwal, rel akan selesai diproduksi pada akhir Agustus 2017 dan akan mulai memasuki proses pengiriman pada November-Desember 2017.

"Januari berarti saya bisa mulai pasang (rel). Perkiraan (pemasangan) itu dalam 3 bulan. Januari-maret sudah terpasang," lanjut Satya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com