Follow detikFinance
Selasa 11 Jul 2017, 10:18 WIB

DPD Dorong Kadin Indonesia Ciptakan Jutaan Pengusaha Baru

Mega Putra Ratya - detikFinance
DPD Dorong Kadin Indonesia Ciptakan Jutaan Pengusaha Baru Ketua DPD Oesman Sapta dalam peringatan Harkitnas di Garut/Foto: Dok. DPD
Jakarta - Ketua DPD RI, Oesman Sapta Odang (OSO), mendorong agar Kadin Indonesia berperan aktif dan bekerja keras untuk mendorong penciptaan atau penambahan 4 juta pengusaha baru. OSO mengkritik perilaku dan kinerja Kadin pada masa lampau yang kurang serius dalam upayanya untuk menciptakan jutaan pengusaha baru.

"Para pengurus Kadin masa lampau justru sibuk membesarkan usahanya sendiri melalui Kadin, dan bukannya mengurusi kepentingan para pengusaha kecil dan menengah yang seharusnya menjadi tugas dan tanggung jawab utama Kadin sebagai organisasi pengusaha," ujar OSO dalam keterangan tertulis DPD RI, Selasa (11/7/2017).

Pernyataan ini disampaikan OSO kepada jajaran pimpinan pusat Kadin Indonesia yang dipimpin ketua umumnya Eddy Ganefo di gedung DPD, Senayan, Jakarta, Senin (10/7/2017).

OSO yang juga ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia ini menyatakan kembali dukungannya kepada Kadin yang dipimpin oleh ketua umumnya Eddy Ganefo. Dukungan itu diwujudkan dalam bentuk kesepakatan bersama (MoU) program pemberdayaan bagi usaha kecil dan menengah di berbagai daerah.

OSO mengingatkan juga kepada jajaran Kadin di daerah untuk berperan maksimal agar program-program Kadin Indonesia tercapai. Selain itu Kadin Indonesia diingatkan agar fokus pada pasar di dalam negeri yang jumlahnya 250 juta, dan tidak terlena dengan pasar ASEAN yang jumlahnya dinilai tidak sampai separuhnya dari jumlah penduduk Indonesia.

Para pengusaha yang tergabung dalam Kadin Indonesia diharapkan berpikir mengenai nilai tambah produk-produk lokal dan tidak boleh lagi sekedar menjual bahan mentah ke pasar luar negeri.

Sementara itu Ketua Umum Kadin Indonesia, Eddy Ganefo menyatakan penghormatan dan rasa terima kasih yang besar atas dukungan dan tawaran kerja sama dari ketua DPD. Eddy mengaku siap mengikuti saran dan arahan ketua DPD terkait pemberdayaan Kadin dan pengusaha daerah.

Eddy yakin dan percaya dengan kerja sama yang erat, maka program Kadin Indonesia akan semakin lancar dan berhasil dalam menjalankan programnya. (ega/dnl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed