Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 14 Jul 2017 17:10 WIB

Mengintip Lokasi Calon Ibu Kota RI Seluas 300.000 Ha

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Eduardo Simorangkir/detikFinance Foto: Eduardo Simorangkir/detikFinance
Palangka Raya - Pemerintah tengah serius mengkaji perihal perpindahan Ibu Kota dari Jakarta ke kota baru di luar wilayah Pulau Jawa. Salah satu lokasi yang paling santer diisukan menjadi Ibu Kota baru Indonesia adalah Kalimantan Tengah.

Saksikan video 20detik mengenai Palangka Raya Calon Ibu Kota di sini:



Lahan seluas 300 ribu hektar telah disiapkan untuk dibangun menjadi sebuah kota baru. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalimantan Tengah, Yuren S Bahat mengatakan, lokasi tersebut terletak di tiga kabupaten yang ada di Kalimantan Tengah.

"Hampir 300.000 lahan sudah disiapkan jika memang pemerintah pusat membutuhkan lahan yang diminta. Sebagian ada di Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Kabupaten Gunung Mas," katanya kepada detikFinance saat ditemui di kantornya, Palangka Raya, Jumat (14/7/2017).

Calon Lokasi Ibu Kota Baru RI di Palangka RayaCalon Lokasi Ibu Kota Baru RI di Palangka Raya Foto: Eduardo Simorangkir/detikFinance



Ia mengatakan, salah satu lokasi tersebut berada tidak jauh dari kota Palangka Raya. Berdasarkan informasi yang diterima, detikFinance mencoba mencapai lokasi terdekat calon kota baru yang akan dibangun nanti.

Lokasi tersebut ditempuh dari pusat kota Palangka Raya ke arah barat menuju Kabupaten Katingan. Sekitar 1 jam, melewati jalan raya Tjilik Riwut sepanjang 35 km, hingga masuk ke wilayah Tangkiling menuju arah Sampit. Infrastruktur jalan yang dilewati mulus tanpa ada jalan yang berlobang.

Berdasarkan pantauan detikFinance di lokasi, lahan yang dimaksud tersebut kini masih berupa kawasan hutan lebat. Salah satu lokasi tersebut berada di pinggir jalan raya menuju Sampit atau perbatasan antara Palangka Raya dan Katingan, dan juga dekat dengan tempat wisata Bukit Batu Pertapaan Tjilik Riwut.

Calon Lokasi Ibu Kota Baru RI di Palangka RayaCalon Lokasi Ibu Kota Baru RI di Palangka Raya Foto: Eduardo Simorangkir/detikFinance



Jika dilihat dari lokasi wisata Bukit Batu tersebut, tampak luasan hutan yang masih belum ada akses masuknya. Tampak pula pagar-pagar kawat yang membatasi antara lokasi Bukit Batu tersebut dengan salah satu irisan wilayah dari lokasi pembangunan Ibu Kota baru yang disiapkan.

Hutan tersebut diisi oleh pohon-pohon akasia yang tampak berjejer dan berpadu dengan tumbuhan-tumbuhan liar lainnya. Adapun status lahan yang berada di tiga kabupaten tersebut merupakan milik negara.

Calon Lokasi Ibu Kota Baru RI di Palangka RayaCalon Lokasi Ibu Kota Baru RI di Palangka Raya Foto: Eduardo Simorangkir/detikFinance
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com