Follow detikFinance
Senin 31 Jul 2017, 16:58 WIB

Investasi Dana Haji di Infrastruktur Aman, Dijamin Pemerintah

Citra Fitri Mardiana - detikFinance
Investasi Dana Haji di Infrastruktur Aman, Dijamin Pemerintah Foto: Tim Infografis, Andhika Akbarayansyah
Jakarta - Sebagian masyarakat masih khawatir terkait munculnya wacana penggunaan dana haji yang akan diinvestasikan di bidang infrastruktur.

Sebab tak sedikit pihak yang beranggapan bahwa dana haji akan disalahgunakan, hingga menyebabkan keberangkatan para jamaah haji ke tanah suci menjadi terhambat.

Menanggapi kekhawatiran tersebut Asisten Deputi Perumahan, Pertanahan, dan Pembiayaan Infrastruktur, Kementerian Koordinator Perekonomian Bastary Panji Indra mengatakan, sedianya tidak ada yang perlu dicemaskan dengan pengelolaan dana haji yang berencana diinvestasikan untuk infrastruktur.

"Menurut saya bisa-bisa saja lah. Ini dipakai untuk membangun infrastruktur itu kewajiban pemerintah. Infrastruktur selalu memiliki jaminan. Jadi investasi, sesuatu yang dijamin pemerintah itu aman sekali," ungkap Bastary Panji, saat ditemui di Kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Jakarta, Senin (31/7/2017).

Kendati demikian baginya, yang lebih penting adalah pembentukan instrumen yang tepat, sehingga pengelolaan investasi dana haji bisa terjamin dan manfaatnya pun terasa bagi seluruh lapisan masyarakat.

"Belum ada (keputusan kebijakan itu). Tapi wacana-wacana itu ada untuk penggunaan dana pensiun, dana haji dan lain lain. Sudah ada diskusi. Secara instrumen itu harus dibangun," ujarnya.

Lebih lanjut Bastary menilai, mengoptimalkan dana dari dalam negeri memang sangat dibutuhkan, daripada harus mengajukan pinjaman ke pihak lain. Apalagi kondisi Indonesia saat ini tengah memerlukan banyak investasi untuk mendukung pemerataan pembangunan.

"Kita berpikir gimana, lebih baik ngutang ke luar atau mengoptimalkan dana dalam negeri. Toh itu dana masyarakat kita. Bagaimana memanfaatkannya supaya aman, optimal," ujarnya. (ang/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed