Ini Syarat Buah Lokal Agar Bisa Mejeng di Gerai Ritel Modern

Citra Fitri Mardiana - detikFinance
Jumat, 04 Agu 2017 17:13 WIB
Foto: Citra Fitri Mardiana/detikFinance
Jakarta - Mencari buah lokal dengan kualitas unggul seperti buah impor, nyatanya kini sudah tidak sesulit yang dibayangkan. Contohnya, aneka buah lokal dengan kualitas unggul yang disediakan di Transmart Carefour.

Food Director PT Trans Retail Indonesia Caesario Parlindungan mengatakan, mendapatkan pasokan buah lokal dengan kualitas unggul saat ini sudah tidak sesulit sebelumnya.

Pasalnya, para petani buah pun kini sudah mulai diedukasi untuk menghasilkan buah dengan kualitas unggulan agar bisa masuk ke pasar retail modern.


"Tidak sulit, karena kita menjalin komunikasi dengan petani dan perusahaan pengiriman juga. Kita sama-sama menyamakan persepsi, bahwa buah harus ditangani dengan baik dari panen sampai jadi pajangan," terang Caesario kepada detikFinance, di Jakarta, Jumat (4/7/2017).

Persepsi antara pengusaha retail dan petani menyangkut seluruh aspek kualitas. Mulai dari ukuran, kondisi fisik buah, hingga tingkat kemanisannya.

"Misalnya dari sisi ukuran, kondisi fisik buah. Mungkin ada tanda-tanda alamnya, karat, garutan alamiah, itu dibatasi berapa persen, serta tingkat kematangan saat dipetik, itu ada standarnya sendiri yang kita komunikasikan," ujar Caesario.


Seperti standar pada jeruk dengan kualitas super yang ditetapkan Carefour. Dari sisi ukuran, dalam 1 kg jeruk, sedianya berisi 4-6 butir. Sementara dari sisi kemanisan indeks yang ditetapkan 9-12 dengan perbandingan manis pada gula yakni 25.

Sedangkan dari sisi warna, buah yang lolos adalah yang berwarna semu, antara kuning dan hijau.

"Misal kalau jeruk kupas, jeruk medan, pastinya ukuran. Biasanya super agak besar. 4-6 butir per kg. Untuk kadar kemanisan dalam buah, kalau jeruk bisa 9-12 perbandingannya dengan gula 25. Warna kita minta tidak terlalu menguning," jelas Caesario. (hns/hns)