Follow detikFinance
Senin 07 Aug 2017, 10:23 WIB

Direksi JICT Siapkan Formulir untuk Kerja Lagi, Ini Kata Pekerja

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Direksi JICT Siapkan Formulir untuk Kerja Lagi, Ini Kata Pekerja Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Direksi PT Jakarta International Container Terminal (JICT) mempersiapkan formulir khusus bagi pegawai yang berhenti melakukan mogok kerja dan beraktivitas normal kembali di kantor. Formulir ini harus ditandatangani oleh pegawai JICT yang ingin bekerja kembali.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Jenderal Serikat Pekerja (SP) JICT mengaku heran dengan adanya formulir tersebut. Ia menyatakan bahwa mogok kerja yang dilakukan SP JICT sah dan sesuai ketentuan.

"Kenapa mengisi form? Kami mogok dengan sah," kata Firmansyah di Kantor JICT, Jakarta Utara, Senin (7/8/2017).

Firmansyah menambahkan, aksi mogok kerja yang sudah sampai hari kelima ini masih akan berlangsung hingga tanggal 10 Agustus 2017 mendatang. Sehingga pihaknya tidak merespons adanya formulir kesepakatan yang ditawarkan direksi JICT.

"Kita masih sesuai rencana sampai tanggal 10 Agustus," kata Firmansyah.

Aksi mogok kerja ini dilakukan untuk menuntut hak-hak para pekerja JICT, antara lain tambahan bonus tahunan, perjanjian kerja bersama (PKB), dan program tabungan investasi (PTI).

Para pegawai yang melakukan mogok kerja juga menganggap perpanjangan kontrak JICT antara PT Pelindo II dengan Hutchison Port Holding hingga 2039 terindikasi merugikan keuangan negara sebesar US$ 360 juta atau sekitar Rp 4,08 triliun.

Selain itu, adanya pembayaran rental fee dari JICT kepada Pelindo II sebesar US$ 85 juta per tahun dinilai membuat kesejahteraan karyawan JICT menurun, di antaranya pembayaran bonus pekerja. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed