Follow detikFinance
Kamis 10 Aug 2017, 17:18 WIB

Ekonomi RI Disebut Lesu, Bagaimana Penjualan Tiket Pesawat?

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Ekonomi RI Disebut Lesu, Bagaimana Penjualan Tiket Pesawat? Foto: Dok. Kementerian BUMN
Jakarta - Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2017 mencapai 5,01% atau sama dengan kuartal sebelumnya. Beberapa pihak pun ada yang pro dan juga ada yang kontra soal lesunya ekonomi Indonesia.

Terlepas dari perdebatan tersebut, penjualan tiket pesawat, khususnya maskapai pelat merah Garuda Indonesia mengalami pertumbuhan yang positif meskipun tipis.

"Kita kalau lihat di triwulan ke dua dan tiga bulan Juli sih cukup baik ya trennya. Kalau dibandingkan juga misalnya bulan Juli dibandingkan dengan bulan Juli tahun lalu peningkatan meski pun sedikit peningkatannya," ujar Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala Mansury di sela Seminar dengan tema The Impact on the Digital Era on Business Strategy and Conducts di Pullman Hotel, Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (10/8/2017).


Ditanya mengenai peningkatan penjualan tiket pesawat, Pahala enggan membeberkan lebih jauh. Namun baik Garuda Indonesia maupun anak usahanya, yaitu Citilink menunjukan penjualan tiket yang cukup positif dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Enggak bisa disampaikan karena kita belum publikasi laporan keuangan ya, tapi kalau kita lihat sampai sejauh ini baik itu di Garuda maupun itu di Citilink kelihatannya ada sedikit perbaikan meskipun enggak signifikan," ujar Pahala.

Lebih jauh, Pahala menambahkan kenaikan penjualan tiket pesawat terjadi di kelas ekonomi. Pasalnya kursi kelas ekonomi memiliki porsi yang lebih besar dibandingkan kursi kelas bisnis. Selain itu, pembelian tiket pesawat Garuda Indonesia untuk tujuan domestik dan internasional sama-sama mengalami pertumbuhan yang positif.

"Karena sebagian besar yang dijual itu adalah tiket kelas ekonomi tentunya di kelas ekonomi yang paling terasa," tutur Pahala. (ara/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed