Follow detikFinance
Kamis 10 Aug 2017, 19:33 WIB

Kepala Bappenas: Pemindahan Ibu Kota Masih Dikaji

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Kepala Bappenas: Pemindahan Ibu Kota Masih Dikaji Foto: Muhammad Idris/detikFinance
Jakarta - Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran menyarankan agar Ibu Kota Indonesia pindah dari Jakarta ke luar Pulau Jawa. Hal tersebut menurutnya menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan guna mengatasi ketimpangan di Indonesia.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menyambut baik wacana tersebut. Menurutnya wacana pemindahan Ibu Kota memang menjadi perhatian pemerintah dan saat ini masih terus dikaji untuk tahap realisasinya.

"Ya kita sedang mengkaji. Kajian masih berjalan. Bukan akan, tapi lagi, masih berjalan," katanya saat ditemui usai acara Indonesia Development Forum (IDF) di Gama Tower, Jakarta, Kamis (10/8/2017).


Kalimantan Tengah sendiri telah menyiapkan lokasi 300 hingga 500 ribu hektar apabila pemerintah pusat benar-benar akan merealisasikan wacana tersebut. Lahan tersebut bisa dibangun sebagai kota baru sebagai pusat administrasi pemerintahan.

"Ya artinya bahwa Kalimantan Tengah sudah punya lahan yang siap, ya kita tentunya bersyukur. Kalau nantinya pindah ke sana, kan artinya berarti kita tidak perlu biaya untuk pengadaan lahan. Dan itu sangat-sangat mengurangi kebutuhan biaya untuk pengembangan pusat administrasi baru tersebut," pungkasnya.


Sementara itu, Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran mengaku hanya menyiapkan lahan dan bukan bersifat tendensi. Seluruhnya Ia serahkan kepada Presiden Joko Widodo selaku pemegang hak prerogatif.

"Kalaupun jatuh ke Kalteng, kami akan sambut dengan ramah, karena warga kalteng ramah dan toleran. Kalteng akan menyiapkan kota yang bahagia untuk penduduknya," kata Sugianto pada kesempatan yang sama (eds/mkj)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed