Follow detikFinance
Minggu 13 Aug 2017, 15:20 WIB

Jangan Salah Beli, Ini Tips Memilih Hewan Kurban yang Sehat

Muhammad Idris - detikFinance
Jangan Salah Beli, Ini Tips Memilih Hewan Kurban yang Sehat Foto: Muhammad Idris - detikFinance
Jakarta - Idul Adha 1438 H masih sekitar 3 pekan lagi. Namun begitu, banyak masyarakat yang sudah mulai berburu hewan kurban, baik sapi ataupun kambing. Beberapa lahan kosong di Jakarta, sudah beralih fungsi menjadi kandang sementara tempat berjualan pedagang hewan kurban musiman.

Sugiharto, salah seorang pedagang sapi di Jalan Pramuka, Jakarta Pusat, mengatakan pembeli perlu cermat dalam memilih sapi. Pria asal Magelang yang sudah puluhan tahun berdagang sapi ini berbagi tips memilih sapi yang sehat dan aman dikonsumsi.

"Kalau mau pilih sapi yang sehat, pilih yang matanya jelas dan bersinar cerah. Terus cara makannya coba perhatikan, kalau dia sehat, makannya dia lahap," jelas Sugiharto kepada detikFinance, Minggu (13/8/2017).

Beberapa ciri fisik sapi yang baik lainnya, lanjut dia, yakni bulu sapi yang halus. Tekstur gigi yang terlihat masih baik, dan postur sapi yang tegak saat berdiri.

"Pilih sapi yang kalau berdiri posturnya tegak, itu tandanya pertumbuhannya bagus. Bulunya juga bagus, terus giginya itu enggak rusak atau putus-putus," ujar Sugiharto.

Kesehatan sapi juga bisa dilihat dari kotorannya. Dimana sapi yang sehat akan mengeluarkan kotoran yang padat, sementara sapi yang kurang sehat feses-nya berbentuk cair karena mencret.

"Kalau di saya sendiri ada kandang cukup luas di Bogor, kita beli sapi pas masih muda untuk digemukkan. Memang khusus dijual pas Idul Adha, ada dokter hewan yang datang rutin periksa," ungkap Sugiharto.

Untuk harga sendiri, sapi-sapi tersebut dijual bervariasi. Seekor sapi dengan bobot 270 kg dijualnya seharga Rp 16 juta, sementara paling besar yakni sapi dengan berat 900 kg dipatok seharga Rp 55 juta.

"Setiap tahun Alhamdulillah selalu habis, tahun lalu sebenarnya sudah habis diborong, tapi karena Lebaran masih lama kita tambah stok lagi, tapi habis setengahnya saja. Nanti datang kambing, itu juga banyak yang cari," tutur Sugiharto.

Menurut dia, para pencari hewan kurban yang datang ke kandangnya rata-rata mencari sapi dengan kisaran harga Rp 20 juta per ekor. "Kalau itu sapi yang beratnya 350 kg," pungkasnya. (idr/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed