Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 30 Agu 2017 10:48 WIB

Pengumuman! Tarif 6 Tol di Jakarta Bakal Naik Serentak November

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Sebanyak 18 ruas tol akan mengalami penyesuaian tarif tahun ini. Sebagian besar penyesuaian tarif tol tersebut bakal dilakukan pada bulan November mendatang, yakni sebanyak 15 ruas tol. Enam di antaranya merupakan jalan tol yang melintasi Jakarta.

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yang diterima detikFinance seperti dikutip Rabu (30/8/2017), keenam ruas tersebut di antaranya adalah ruas Tol Jakarta-Bogor-Ciawi, Jakarta-Tangerang, Tol Dalam Kota Jakarta, Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR), Tangerang-Merak dan Pondok Aren-Ulujami yang menghubungkan Jakarta dan Tangerang Selatan melalui Bintaro dan Pesanggrahan.

Kenaikan tarif tersebut merupakan sebagai bagian dari hak Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan. Dalam aturan tersebut, setiap dua tahun sekali, ruas tol akan mengalami penyesuaian tarif sebagai bentuk pengembalian investasi yang sesuai dengan skala bisnis perusahaan pada perjanjian pengusahaan jalan tol. Namun demikian, penyesuaian tarif ini juga harus dibarengi dengan pelayanan operator yang paling tidak memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Penyesuaian tarif tol JORR sendiri akan dilakukan bersamaan dengan integrasi dengan tol akses Priok yang saat ini masih dibuka gratis. Artinya tol JORR nanti akan menerapkan jalan tol sistem terbuka, di mana tarif akan menjadi satu, tidak lagi sesuai jarak yang ditempuh.

Sementara tol Tangerang-Merak sendiri baru melakukan penyesuaian tarif pada April lalu menyusul dilakukannya integrasi sistem pembayaran dengan ruas tol Jakarta-Tangerang.

Begitu pula dengan Tol Jagorawi yang kabarnya juga akan dilakukan integrasi dengan menghilangkan dua gerbang tol, yakni Gerbang Tol (GT) Cibubur dan GT Cimanggis. Integrasi sendiri sejatinya bakal dilakukan pada bulan Juli lalu, namun hingga saat ini jadwalnya molor dan belum ada informasi lebih lanjut mengenai penerapan integrasi.

Sementara tol Dalam Kota, penyesuaian tarifnya persis dua tahun sebelumnya, yakni pada 1 November 2015. Begitu pula dengan tol Pondok Aren-Ulujami. (eds/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com