Follow detikFinance
Senin 04 Sep 2017, 21:19 WIB

Bawang Merah Sumbang Deflasi, Mentan: Sekarang Kita Ekspor

Bagus Prihantoro Nugroho - detikFinance
Bawang Merah Sumbang Deflasi, Mentan: Sekarang Kita Ekspor Foto: Pool/Kementan
Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis deflasi 0,07% di Agustus 2017. Menurut BPS, pada kelompok bahan makanan terjadi deflasi sebesar 0,14% yang didominasi penurunan harga bawang merah.

Harga bawang merah turun 11,79%, sehingga memberikan andil 0,07% pada deflasi bahan makanan.Kemudian harga bawang putih turun 13,70%, sehingga memberi andil 0,05%.

Menurut Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, produksi bawang merah saat ini melimpah hingga bisa ekspor.


"Deflasi di tingkat konsumen itu yang berkontribusi dari BPS yang signifikan adalah bawang. Dulu impor, sekarang kita ekspor," ujar Amran usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (4/9/2017).

Sebagai informasi, selama Agustus Indonesia sudah mengekspor bawang merah ke Thailand dan Singapura. Sebanyak 5.600 ton bawang merah Brebes senilai sekitar Rp 100 miliar diekspor ke Thailand secara bertahap.


Amran melepas 12 kontainer perdana bawang merah tersebut di Brebes, Kamis (17/8/2017). Setelah Brebes, giliran bawang merah diekspor dari Surabaya ke Thailand dan Singapura.

Sebanyak 247,5 ton bawang merah yang diangkut 9 kontainer diekspor ke Thailand dan Singapura. Bawang merah yang diekspor merupakan hasil panen petani bawang di Jawa Timur dan daerah Indonesia Timur.

"Tidak ada lagi kata impor, tapi kita terus ekspor," kata Amran.

(hns/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed