Follow detikFinance
Selasa 05 Sep 2017, 20:10 WIB

Luhut Ingin Kereta Kencang JKT-SBY Pakai Tenaga Listrik

Michael Agustinus - detikFinance
Luhut Ingin Kereta Kencang JKT-SBY Pakai Tenaga Listrik Luhut Panjaitan (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta - Penasihat Khusus Perdana Menteri Jepang, Hiroto Izumi, sore ini menyambangi Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan di Kantor Kemenko Kemaritiman, Jalan MH Thamrin, Jakarta.

Pertemuan tersebut membahas 2 proyek penting yang berkaitan dengan investasi Jepang di Indonesia, yaitu proyek kereta kencang Jakarta-Surabaya dan Pelabuhan Patimban.

"Tadi menyangkut soal kereta Jakarta-Surabaya dan Pelabuhan Patimban," kata Luhut saat ditemui di Kantor Kemenko Kemaritiman, Jakarta, Selasa (5/9/2017).

Dalam pertemuan tersebut, Luhut mengungkapkan keinginannya agar kereta kencang Jakarta-Surabaya menggunakan teknologi elektrik, bukan kereta bermesin diesel. "Kita pilihannya sekarang listrik karena itu teknologi ke depan," ucap Luhut.

Diakuinya, biaya investasi akan lebih mahal kalau menggunakan kereta dengan teknologi berbasis elektrik. "Angkanya pasti jadi lebih besar," tukasnya.

Dalam waktu dekat kajian atau feasibility study proyek kereta kencang Jakarta-Surabaya akan rampung dan dapat diajukan kepada pihak Jepang selaku investor. Kajian dilakukan oleh BPPT dan JICA.

Pemerintah telah menyiapkan beberapa alternatif pengembangan kereta api Jakarta-Surabaya, yaitu membangun di jalur yang sudah ada atau eksisting atau membangun jalur baru.

Pilihan pemerintah lebih kepada pembangunan di jalur baru yang mana pembebasan lahannya diharapkan lebih mudah karena disinyalir akan dibangun di pinggir jalan tol, hampir dipastikan tidak ada hunian masyarakat di sana.

Untuk kecepatan, pemerintah mematok minimal kecepatan 160 km per jam atau masuk ke dalam kategori medium speed. Dengan kecepatan 160 km per jam maka operasional kereta api Jakarta-Surabaya bisa naik dua kali lipat dari yang ada saat ini. Sebelumnya, pihak Jepang mengusulkan untuk kecepatan berada di 120 km per jam. (mca/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed