Follow detikFinance
Selasa 12 Sep 2017, 12:22 WIB

Sri Mulyani: Skema Sekarang Tak Memungkinkan Pensiun PNS Hidup Normal

Hendra Kusuma - detikFinance
Sri Mulyani: Skema Sekarang Tak Memungkinkan Pensiun PNS Hidup Normal Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan, skema dana pensiunan yang saat ini berlaku bagi seluruh aparatur sipil negera (ASN) belum mampu memenuhi kebutuhan hidup secara normal.

Hal tersebut diungkapkan pada saat menjadi pembicara kunci di seminar sistem jaminan sosial nasional di Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (12/9/2017).

"Kalau sekarang mereka dibayar berdasarkan gaji pokok saja. Padahal penerimaan gaji mereka adalah gapok (gaji pokok) plus tunjangan-tunjangan sehingga pada saat pensiun dia dihitung berdasarkan presentase gapoknya, nilainya begitu sangat kecil enggak memungkinkan mereka hidup normal," kata Sri Mulyani.


Dia telah menginstruksikan kepada tim pejabat eselon I Kementerian Keuangan untuk melakukan evaluasi terkait dengan sistem pensiunan bagi para pegawai negeri sipil (PNS).

"Bagaimana untuk bisa meningkatkan dan merefleksikan kebutuhan namun juga pada saat yang sama bisa sustain," ungkap dia.


Pemerintah saat ini masih mengkaji terkait dengan skema fully funded untuk menggantikan skema yang saat ini atau pay as you go. Namun dirinya masih enggan berkomentar lebih terkait dengan kajian tersebut.

"Nanti saja ya kan masih saya suruh untuk review," tukas dia. (mkj/mkj)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed