Follow detikFinance
Selasa 12 Sep 2017, 16:14 WIB

Semudah Apa Bayar Tol Pakai 'Tongkat Ajaib' Tongtol?

Muhammad Idris - detikFinance
Semudah Apa Bayar Tol Pakai Tongkat Ajaib Tongtol? Foto: dok. tongkatkartu.id
Jakarta - Kewajiban pembayaran tol menggunakan kartu non tunai, memunculkan bisnis penjualan tongtol alias tongkat e-toll. Dengan tongkat tersebut, pengendara mobil tak perlu susah payah menempelkan kartu e-toll pada mesin pembaca atau reader di gerbang tol.

Aditya Mulya Pramana, salah seorang distributor tongtol, mengatakan bentuk dari alat yang juga disebut tongcard ini menyerupai alat untuk melibas nyamuk. Selain sebagai alat membayar tol, tongtol juga relatif bisa diandalkan untuk keperluan pembayaran parkir yang juga kerap menyulitkan pengendara dari mobil ke alat sensor.

"Bentuknya mirip alat tepuk nyamuk. Untuk pembayaran parkir menggunakan uang elektronik seperti tapcash juga bisa," kata Aditya kepada detikFinance, Selasa (12/9/2017).


Menurut dia, kartu pembayaran elektronik diselipkan pada ujung tongtol dengan penjepit sebagaimana pada fungsi tongsis. Sehingga memudahkan pengendara mobil menjangkau sensor. Termasuk apabila pengemudi berhenti terlalu maju, sehingga adanya tongtol, tak perlu memundurkan mobilnya.

"Konsep penggunaan tongcard ini sederhana, hanya menyelipkan kartu di tongkat tersebut. Tinggal tempelkan kartu pada scanner yang terdapat di gerbang tol. Peraturan pemerintah wajib melakukan pembayaran jalan tol menggunakan uang elektronik, akan menimbulkan masalah baru yaitu tangan yang tidak sampai untuk menempelkan kartu pada scanner," ungkap Adit.


Diungkapkannya, harga satu buah tongtol cukup bervariasi, tergantung pada jenis bahan yang dipakai. Dari yang termurah dijual per buahnya Rp 15.000 sampai Rp 75.000.

"Harganya mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 70.000. Harga yang semakin mahal memiliki bahan dan kualitasnya yang semakin bagus," tandas Aditya

Tongtol yang mulai banyak dijual secara online ini bervariasi, ada yang terbuat dari logam, ada pula yang berbahan plastik. Sekilas, bentuk tongtol ini mirip spatula atau centong memasak dengan panjang 1 meter. Sementara ujung tempat kartu menyerupai box tempat kartu ID perusahaan. (idr/mkj)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed