Follow detikFinance
Rabu 13 Sep 2017, 14:48 WIB

Ratusan Produk Unggulan BUMN Dipamerkan di JCC Senayan Pekan Depan

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Ratusan Produk Unggulan BUMN Dipamerkan di JCC Senayan Pekan Depan Foto: Dok. Kementerian BUMN
Jakarta - Ajang tahunan Indonesia Business and Development Expo atau IBD Expo kembali digelar oleh Kementerian BUMN bersama klaster media BUMN yang tergabung dalam National Publishing and News Corporation (NPNC). Dengan tema "Sinergi Indonesia Hebat", IBD Expo 2017 akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada 20-23 September 2017.

Dalam kesempatan ini, sekitar 95 BUMN akan menampilkan produk-produk mereka. Tak hanya itu, sekitar 100 perusahaan swasta Nasional dan Internasional (Singapura, Tiongkok, dan Malaysia) pun ikut meramaikan ajang tahunan ini.

Sesuai dengan tema "Sinergi Indonesia Hebat", selain IBDExpo 2017, BUMN juga menggelar acara Indonesia Banking Expo (IBEX) pada 19-20 September 2017. Adapun kegiatan Garuda Travel Fair yang digelar pada 22 September 2017.

Dalam rangkaian kegiatan IBD Expo 2017, terdapat sejumlah agenda menarik, diantaranya, bursa kerja di mana puluhan BUMN akan membuka lowongan pekerjaan. Informasi ini bisa didapat di acara IBD Expo 2017. Selain itu ada peluang bisnis sebagai ajang bertukar pikiran dan peluang bisnis dari perusahaan BUMN dengan pebisnis swasta.

Bagi Anda yang memiliki perusahaan dan ingin bekerja sama dengan BUMN, ajang ini menjadi kesempatan emas. Mock up pembangunan, berbagai mock up pembangunan akan ditampilkan. Mulai dari Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Jakarta-Bandung, LRT, hingga Kota Walini dipamerkan di acara ini. CEO Bicara, para CEO BUMN akan berbicara mengenai pembangunan-pembangunan strategis di Indonesia. Sebut saja Tol Laut, BBM Satu Harga, Rumah Kreatif BUMN untuk para UMKM, pembangunan moda transportasi kereta api, hingga ketahanan pangan.

Ketua Pelaksana IBDExpo 2017, Hempi N Prajudi mengatakan bahwa bursa lowongan kerja di beberapa BUMN akan menjadi daya tarik tersendiri selain adanya pameran beberapa produk-produk terbaru milik BUMN.

"Jadi nanti juga akan ada BUMN Carrier Opportunity, sampai saat sudah ada 22 BUMN yang menyatakan siap membuka lowongan kerja di sini," kata Hempi dalam ketetangannya, Jakarta, Rabu (13/9/2017).

Sampai saat ini sudah ada 28 BUMN yang menyatakan akan membuka lowongan pekerjaan dalam acara tersebut, diantaranya PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Balai Pustaka (Persero), PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (persero) Tbk, PT Angkasa Pura I (Persero), AirNav Indonesia (Persero), dan lain sebagainya.

Hempi mengatakan, jumlah ini diperkirakan akan bertambah seiring mendekati pelaksanaan IBDExpo berlangsung nanti.

Staf Khusus Bidang Komunikasi dan Media Menteri BUMN, Devy Suradji, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri. Kegiatan ini juga dijadikan sebagai wahana BUMN untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat.

"Konsepnya untuk Indonesia Hebat.
Bentuk kegiatannya macam-macam. Tidak boleh hanya sebatas eksibisi atau pameran saja, tapi juga menerima aspirasi, melalui interaktif session," tegas Devy.

Seperti diketahui, BUMN memainkan peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Saat ini total aset BUMN mencapai Rp 5.395 Triliun, pendapatan sebesar Rp 1.728 Triliun, kontribusi pajak Rp 220 triliun dan total dividen Rp 38 triliun. Belanja modal BUMN pada 2017 meningkat menjadi Rp 555 triliun yang akan dialokasikan untuk pembangunan 52 jalan tol, 17 bandara, 13 pelabuhan dan 19 jalan kereta api serta infrastruktur lainnya.

Sesuai program Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang diturunkan kepada Menteri BUMN Rini M Soemarno, pembangunan Indonesia memprioritaskan pembangunan di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Upaya percepatan pembangunan daerah tertinggal, terdepan dan terluar tersebut, tidak hanya melalui fasilitasi pembangunan infrastruktur sosial dasar guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, namun juga peningkatan infrastruktur fisik dan ekonomi dalam rangka peningkatan produktivitas daerah, untuk terus didorong dalam rangka mendukung peningkatan pertumbuhan perekonomian daerah tertinggal, terdepan dan terluar.

Sinergi BUMN tentu tak lepas dari kesuksesan pembangunan tersebut. Sebut saja pembangunan Tol Laut, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Kota Walini, BBM Satu Harga, akan ditampilkan di ajang ini. Melalui ajang IBD Expo 2017, masyarakat akan diajak mengetahui program-program yang telah dilakukan BUMN dalam kurun waktu setahun ke belakang. Tak hanya informasi, masyarakat juga bisa berinteraksi dengan inovasi-inovasi BUMN. (ara/mca)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed